Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 07 Jul 2019 13:56 WIB

Begini Rute Lengkap Kereta yang Tersambung Bandara Kulon Progo

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Ristu Hanafi Foto: Ristu Hanafi
Jakarta - Moda kereta api akan dihubungkan dengan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo. Nantinya akan ada rel kereta yang langsung masuk ke dalam bandara.

Kereta menuju bandara Kulon Progo sebetulnya sudah ada dan beroperasi, namun hanya melayani sampai Stasiun Wojo saja. Stasiun tersebut berjarak sekitar 6 km dari bandara, atau sekitar 15 menit perjalanan darat.

Kereta bandara menuju Bandara Kulon Progo sendiri menghubungkan Stasiun Maguwo hingga Stasiun Wojo. Setidaknya ada 4 stasiun tempat pemberhentian kereta bandara ini sepanjang Maguwo hingga Wojo.
Pertama perjalanan akan dimulai dari Stasiun Maguwo, lalu kereta akan berhenti di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Wates terlebih dahulu. Terakhir, kereta akan sampai di Stasiun Wojo, bagi yang mau ke bandara di Stasiun Wojo sendiri dilengkapi shelter Bus Damri.

Kereta bandara ini baru hanya 1 unit yg disiapkan dan dioperasikan sekali pulang pergi setiap hari. Jadwalnya adalah kereta akan berangkat pertama kali dari Maguwo 10.40 WIB dan tiba di Wojo pukul 11.26 WIB.

Lalu kereta akan kembali ke Maguwo pukul 14.04 WIB lalu akan sampai di Maguwo pukul 14.55 WIB.
Nantinya, pemerintah akan menambahkan pemberhentian baru langsung di dalam bandara. Jalur yang akan dibuat sepanjang 5,7 km, terdiri dari 5 km elevated alias rel layang sisanya rel datar menapak tanah.

"Ada jalur KA ke YIA ini akan jadi jalur baru. Jalurnya, sepanjang 5,7km, dan akan masuk bandara dari Stasiun Wojo. Nanti akan di mix 5 km elevated, 750 m sisanya at grid, pengerjaannya 2019-2020, 2021 operasi," Direktur Angkutan dan Lalu Lintas Dirjen Perkerataapian Kementerian Perhubungan Danto Ristiawan, di Bandara Kulon Progo, Jumat (5/7/2019).

Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com