Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 15:46 WIB

Nasib Operasi LRT Jakarta Mentok di Kendala Administrasi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: 20detik Foto: 20detik
Jakarta - Moda Lintas Rel Terpadu (LRT) masih juga belum diresmikan dan beroperasi secara komersial. Padahal, sudah sebulan kereta yang didatangkan dari Korea Selatan tersebut melakukan uji publik.

Kendala administrasi masih menjadi alasan belum beroperasinya LRT Jakarta secara komersial. Manajer Humas LRT Jakarta Melissa Suciati mengatakan setidaknya seminggu hingga dua minggu lagi sudah ada titik terang mengenai nasib beroperasinya LRT Jakarta.

"Kendalanya ya proses administrasi masih dilakukan. Harapannya dalam Minggu ini atau Minggu depan sudah ada titik terang dari holding PT Jakarta Propertindo mengenai administrasinya," kata Melissa, di Stasiun LRT Velodrome, Kamis (11/7/2019).

Uji publik ini dilakukan pihak Melissa sebagai operator untuk memastikan kepastian operasional baik dari sisi sistem hingga sumber daya manusianya.

"Kami selaku operator, PT LRT Jakarta hanya bisa memastikan dengan baik kesiapan operasi kita dari segi SDM-nya dan sistemnya," ungkap Melissa.



Melissa mengatakan meski cuma berlabel uji publik, operasional yang dilakukan LRT bagaikan sudah penuh buat masyarakat, buktinya operasionalnya sudah dimulai sejak pukul 05.00 WIB hingga 23.00 WIB.

"Pada dasarnya ini sudah operasi full ya dari jam 5 pagi sampai 11 malam, cuma memang status saja ya," kata Melissa.

Titik terang ini juga pernah disampaikan oleh Direktur Proyek LRT Jakpro Iwan Takwin. Iwan menyebutkan bahwa bisa saja uji publik yang dilakukan sekarang akan menjadi uji coba pengoperasian yang terakhir menuju operasi komersial.

"Iya jelas target kita kan memang ke sana (operasi komersil), otomatis kesana. Insyaallah ini (uji coba) yang terakhir, kalau kapannya yang berhak tentukan itu Pemprov (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)," kata Iwan kepada detikFinance, Rabu (3/7/2019).



Nasib Operasi LRT Jakarta Mentok di Kendala Administrasi


Simak Video "Proses Administrasi jadi Pengganjal LRT Jakarta Beroperasi Komersial"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com