Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Jul 2019 12:41 WIB

Diam-diam, Anies Mulai Pacu Pembangunan LRT Jakarta Fase II

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo H Simorangkir - detikFinance Foto: Eduardo H Simorangkir - detikFinance
Jakarta - Kelanjutan pembangunan moda transportasi lintas rel terpadu (LRT) Jakarta yang kini sudah tersambung dari Kelapa Gading-Velodrome mulai terlihat. Hal ini tampak dari dimulainya pengerjaan soil testing di area Sunter, Jakarta Utara.

Soil testing merupakan pengujian penetrasi tanah yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah dari jalur yang akan dipakai. Berdasarkan pantauan detikFinance, Selasa (23/7/2019), soil testing tampak dilakukan di depan mal Sunter, tepatnya di bawah halte busway Sunter Karya.

Dari pantauan di lokasi, pekerjaan soil testing tampak baru saja dimulai. Seng berkelir hijau dan merah membatasi area yang bersampingan dengan Kali Sunter tersebut. Lengkap dengan spanduk kecil bertuliskan LRT Jakarta Phase 2 on progress pada seng tersebut. Tampak dua orang pekerja tengah berada di dalam area tersebut.



Jika ditarik dari stasiun terakhir LRT Jakarta di Boulevard Utara, Kelapa Gading, lokasi ini menuju arah Priok dengan kali besar di sepanjang median jalan. Jika nanti benar dibangun, maka jalur LRT menuju area ini akan dibangun menyusuri kali sunter dan melewati jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Sebagai informasi, LRT Jakarta merupakan proyek pemerintah provinsi DKI Jakarta yang dimulai sejak 2016 lalu oleh PT Jakarta Propertindo. Pada fase pertama, proyek ini menyambungkan area Kelapa Gading menuju Velodrome sepanjang 5,8 km.



Saat ini proyek tersebut sudah dapat dipakai meski dalam kapasitas terbatas lantaran masih berlabel uji coba. Penggunaan LRT Jakarta diintegrasikan dengan sejumlah moda transportasi JakLingko mulai dari angkot hingga bus TransJakarta.



Tonton video Sempat Dibuka, Skybridge Penghubung LRT-TransJ Velodrome Ditutup Lagi:

[Gambas:Video 20detik]


Diam-diam, Anies Mulai Pacu Pembangunan LRT Jakarta Fase 2
(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com