Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 13 Agu 2019 23:05 WIB

15 Kereta Feeder Bakal Wara-wiri ke Cikarang Mulai Oktober

Vadhia Lidyana - detikFinance
Stasiun Cikarang/Foto: Rachman Haryanto Stasiun Cikarang/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Layanan KRL Cikarang-Bekasi saat ini tersedia setiap satu jam sekali. Di Oktober mendatang, Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menambah 15 rangkaian kereta feeder agar headway (waktu kedatangan) KRL Cikarang-Bekasi dapat lebih cepat.

"Nanti juga kami akan menambah 15 kereta sebagai feeder Bekasi-Cikarang. Saat ini kan headway-nya satu jam sekali. Nanti bisa lebih cepat," ujar Direktur Utama KCI Wiwik Widayanti ketika melakukan perjalanan ke Bekasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggunakan KRL, Selasa (13/8/2019).

Kemudian, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengakui, perjalanan KRL menuju Cikarang masih sangat terbatas. Sehingga, ia mendorong KCI untuk segera menambah armada KRL.


"Kita kan (perjalanan KRL ke Cikarang) memang masih terbatas itu Stasiun Cikarang masih kita kembangkan. Jadi sekarang masih belum bisa masuk di peron (baru) untuk yang (tambahan) KRL. Nah untuk antisipasi awal, nanti KCI akan menambah armadanya. Yang dari Bekasi nanti akan diperpanjang sampai ke Cikarang untuk menambah kapasitas ini. Kalau ini kita hanya menggeser, menunggu perputaran saja tapi tanpa mengubah jadwal di Bekasi," terang Zulfikri di Stasiun Telaga Murni, Kabupaten Bekasi.

Zulfikri memaparkan, saat ini masih ada proses penyelesaian wesel (jalur cabang kereta api/persimpangan untuk memindahkan kereta api ke jalur lain) di Stasiun Cikarang. Apabila pembangunan wesel sudah selesai, maka ditargetkan KCI dapat menambah 15 kereta baru pada bulan Oktober.

"Dan nanti bulan Oktober mungkin. Setelah Stasiun Cikarang wesel ke dalam track yang KRL di Stasiun Cikarang itu bisa kita operasikan, itu akan ada tambahan 15 kereta baru," ungkap Zulfikri.


Ia menargetkan, apabila 15 kereta feeder ini dioperasikan, nantinya headway KRL Cikarang-Bekasi dapat meningkat menjadi setiap 30 menit lantaran jarak kedua stasiun tersebut hanya 16,7 kilometer (km).

"Headway kan sekarang satu jam, kalau kita tambah sampai 15 mungkin hanya 30 menit. Karena jarak kan hanya 16,7 km," tandasnya.

Simak Video "Nekat! Pemotor Melaju di Area Rel KA demi Hindari Razia Lalin"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com