Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Agu 2019 22:00 WIB

Bicara Bandara Kertajati Sepi, Menhub: Tol dari Bandung Belum Selesai

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Bandara Kertajati/Foto: Rachman Haryanto Bandara Kertajati/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membeberkan alasan di balik sepinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Majalengka, Jawa Barat. Menurut Menhub Bandara yang beken disebut dengan nama Kertajati itu sepi lantaran belum terhubung jalan tol.

Jalan tersebut adalah yang menghubungkan Bandung dengan Kertajati.

"Bandara Kertajati itu jalan tol dari Bandung ke Kertajati belum selesai. Terkendala masalah pembebasan lahan," ungkap Budi, di Kantor Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Jumat (16/8/2019).


Di Sisi lain, kata Budi Karya, apabila tol yang menghubungkan Bekasi ke Karawang selesai, dapat membuat Kertajati ramai. Katanya, penumpang pasti memilih ke Bandara Kertajati dibanding ke Jakarta.

"Bandara Kertajati nanti akan penuh saat jalan tol tambahan yang dari Bekasi ke Karawang jadi. Maka orang-orang dari Bekasi akan cenderung ke sana daripada ke Jakarta," jelas Budi.

Dia menambahkan, hingga kini penerbangan dari dan ke Kertajati masih konsisten, Menurut Budi Karya di Kertajati saat ini ada 25 penerbangan di Kertajati.

Selain itu juga ada subsidi gratis Bus Damri selama satu tahun.

"Tapi sekarang ini konsisten, paling tidak ada 25 flight di sana. Jadi sekarang sudah konsisten dari 2 bulan ini," tutur mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu.



Simak Video "2020 Bandara Kertajati Layani Penerbangan Haji"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com