KRL Diperpanjang hingga Karawang, Jaringan Dibangun 2020

Luthfiana Awaluddin - detikFinance
Kamis, 31 Okt 2019 13:38 WIB
Foto: Pradita Utama
Karawang - Pemerintah dipastikan segera membangun jaringan Kereta Rel Listrik (KRL) hingga ke Karawang. Pembangunan infrastruktur pendukung seperti jaringan listrik KRL akan dimulai 2020.

"Pembangunan jaringan listrik ke Karawang bakal dimulai tahun 2020. Kemungkinan besar jaringan ke arah timur akan ditambah lagi hingga ke Stasiun Cikampek," ujar Sofyan Hasan, Deputy Executive Vice President KAI Daerah Operasional 1 Jakarta Bidang Teknis dan Operasional usai meninjau gerbong kesehatan di Stasiun Karawang, Kamis (31/10/2019).

Sofyan menuturkan PT KAI sebagai operator pengoperasian kereta api berkomitmen selalu siap melaksanakan rencana Direktorat Jenderal Perkeretaapian.


Perpanjangan jalur KRL awalnya hanya diprogramkan sampai Cikarang. Namun, pihak Ditjen Perkeretaapian menginginkan sampai Karawang, bahkan Cikampek.

"Program tersebut sebenarnya tidak terlalu rumit untuk dilaksanakan. Pihak Ditjen KA tinggal membangun tiang listrik di sepanjang rel yang telah tersedia, sedangkan relnya menggunakan rel lama,"

Ihwal armada KRL, Sofyan menuturkan masih banyak yang bisa dioperasikan. "Namun jika masih kurang, KAI memesan ke Jepang," katanya.

Tambahan armada itu Menurut Sofyan berpeluang terjadi, Sebab, jika rute KRL hingga Karawang, intensitas layanan kereta api dari Jakarta ke Karawang atau sebaliknya bakal lebih meningkat. "Bisa per jam atau lebih banyak lagi," ungkap Sofyan.



Simak Video "KA Reguler Mulai Beroperasi Lagi 12 Juni, Kapasitas Penumpang 70%"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)