Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Nov 2019 07:47 WIB

Kisah Perancang Jembatan Lengkung Terpanjang di Dunia

Danang Sugianto - detikFinance
1 Penuh Tantangan
Halaman 2 dari 4
Foto: PT Adhi Karya

Saat pembangunan longspan yang berada di Kuningan itu memang cukup menyedot perhatian dari pengendara yang melintas di jalan Gatot Subroto. Titik lengkungnya tepat berada di atas jalan layang dan tidak ada pilar atau pier di tengahnya, sehingga membuat pengendara yang melintas merasa khawatir.

"Tantangannya justru di situ, saat belum nyambung. Jadi sebetulnya kalau dibilang saya yang bisaan, ya menurut saya yang bisaan ya para kontraktor, para sub kontraktor yang bisa menerjemahkan saya maunya begini, harus begini, begitu. Mereka bisa mengikuti itu," tuturnya.

Saat proses pembangunan longspan ini memang harus dilakukan super hati-hati. Sebab di bawahnya terdapat beberapa ruas jalan termasuk jalan tol.

"Mungkin yang berbahaya juga tidak boleh ada satu pun benda jatuh, karena di bawahnya kan jalan tol dengan kecepatan tinggi, satu baut jatuh pun bisa mengagetkan pengemudi. Artinya pelaksanaannya harus betul, itu juga saya apresiasi dengan timnya Adhi Karya Alhamdulillah sampai saat ini 1 butir baut pun tidak jatuh ke jalan," ucapnya.

Lanjut ke halaman berikutnya >>>

(das/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com