Jokowi Mau Resmikan Tol Japek Layang 12 Desember

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 10 Des 2019 17:15 WIB
Tol Jakarta-Cikampek Layang/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana mempercepat peresmian Jalan Tol Jakarta-Cikampek Layang (Japek II).

Sebelumnya, peresmian tol ini dijadwalkan akan terlaksana per 15 Desember 2019 mendatang. Akan tetapi, menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ingin peresmian tol tersebut dipercepat menjadi 12 Desember 2019.

"Kalau bisa, kita majukan, tadinya kita targetkan 15 Desember, tapi Presiden minta 12 Desember karena akan ada acara di Karawang jadi kita lihat bisa enggak 12 Desember," ujar Menteri Basuki di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).

Untuk itu, guna mempercepat peresmian tersebut, Basuki mengaku bakal melakukan pengecekan ulang pada malam hari nanti. Sebab, ia mengatakan, masih harus ada yang perlu dirapikan dan pemeriksaan lagi terkait proyek jalan Tol Layang Japek II itu.

"Kontruksinya aman sudah diuji beban, aman semua, hanya tinggal dari segi kenyamanan saja agak kurang, karena di expansion joint-nya (sambungan siar) belum diratakan semua. Nanti malam saya cek," katanya.



Untuk diketahui, tol ini berada tepat di atas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) eksisting. Membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).

Nantinya ketika jalan tol ini dapat dilintasi, pengguna jalan dari arah Jakarta dapat melintas melalui Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR dan Jalan Tol Jagorawi.

Kemudian, dapat melanjutkan perjalanan lewat tol Japek II ini untuk menuju Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untuk arah sebaliknya pengguna jalan dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bandung dapat menggunakan Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang, lanjut melewati tol Japek II menuju Jakarta.



Simak Video "Hari Ini Sudah 824 Kendaraan Diputar Balik di Tol Japek Km 47"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)