Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Des 2019 13:00 WIB

Kaleidoskop 2019

Lika-liku Pembangunan Jembatan Kebanggaan Jokowi di Papua

Soraya Novika - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR

2. Dihentikan Sementara Karena Kecelakaan Proyek

Di awal 2018 semua proses pekerjaan konstruksi layang proyek-proyek infrastruktur di seluruh Indonesia sempat diberhentikan sementara karena terjadi berbagai kecelakaan proyek infrastruktur. Tak terkecuali Jembatan Youtefa.

"Semua kegiatan diseluruh Indonesia, seperti halnya mestinya besok jembatan holtekamp (Youtefa) di Papua sudah mulai diangkat, secara konsisten kita hentikan dulu, kita lakukan evaluasi dulu," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Meski demikian, konstruksi Jembatan Youtefa lolos dari pemberhentian tersebut. Setelah melalui proses evaluasi dan uji kelaikan dari Komisi Keselamatan Konstruksi dan Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan, pembangunan jembatan terpanjang di Papua ini akhirnya bisa terus berjalan. Hasil evaluasi tersebut menyatakan pemasangan rangka baja jembatan layak untuk terus dilanjutkan.

"Tadi malam dan tadi pagi semua desain, metode kerja dan kesiapan lapangan dievaluasi dan uji sesuai arahan Bapak Menteri PUPR. Jembatan Holtekamp lulus dan mendapat ijin dari Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan serta dari Komisi Keselamatan Konstruksi sehingga pekerjaan bisa dilanjutkan," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setyadi Moerwanto kepada detikFinance saat dihubungi, Rabu (21/2/2018).

Arie bilang, jembatan ini pun menjadi proyek infrastruktur dengan pekerjaan layang pertama yang boleh kembali dilanjutkan setelah adanya instruksi penghentian sementara.

"Jembatan ini adalah yang pertama lulus setelah penghentian," katanya.

Sejak saat itu, Jembatan Youtefa pun terus dikebut pengerjaannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5


Simak Video "Niat Selfie, Pemuda Tewas Terjatuh dari Jembatan Youtefa"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com