Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Jan 2020 20:41 WIB

Ini Dia Biang Kerok Tol Japek Kebanjiran

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Andhika/detikcom
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkap biang kerok banjir di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek). Penyebanya gara-gara drainase tersumbat

Hal itu disampaikan usai rapat terbatas (ratas) internal di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Ratas tersebut dihadiri oleh Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Kepala BNPB Doni Manardo.

"Kemarin Km 24 tol Jakarta-Cikampek, kenapa banjir karena drainasenya tersumbat oleh kegiatan proyek," kata Basuki di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/1/2020).


Basuki mengetahui penyebab banjir tersebut usai menurunkan beberapa pegawai Kementerian PUPR ke lokasi kejadian. Dia menginstruksikan kepada para pegawai PUPR untuk membongkar drainase yang tersumbat.

"Kita bongkar mudah-mudahan sekarang sudah, tadi malam sudah selesai," jelas dia.

Sebelumnya, dikutip dari akun Twitter PT Jasa Marga, Kamis (2/1/2020), genangan di Tol Cikampek terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

"10.04 WIB. Tol Japek Karawang Timur-Karawang Barat padat. Cibatu-Cibitung padat. Cibitung KM 25 arah Jakarta ditutup, ada genangan air di KM 24. Cikarang Barat KM 29-Cibitung KM 23 diberlakukan lajur contraflow/kanan," tulis akun Twitter PT Jasa Marga.

Tol Jakarta-Cikampek simpang Cawang juga ditutup sementara. Penyebabnya juga karena genangan air. Ruas yang mengarah ke Cikampek mengalami kepadatan. Ada contraflow yang diterapkan dari arah sebaliknya.



Simak Video "Tol Layang Japek Diperbaiki, Agar Tak Bikin Mual?"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com