Rumah Sakit Khusus Corona Akan Berdiri di Pulau Galang

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 04 Mar 2020 07:00 WIB
Banyaknya jumlah orang yang postif virus corona di Wuhan membuat sejumlah lokasi disulap jadi rumah sakit darurat. Yuk, lihat aktivitas para pasien di rs itu.
Foto: Chinatopix via AP Photo. Ilustrasi RS tangani corona

Jokowi menerangkan, RS khusus virus corona itu hanya merenovasi fasilitas kesehatan yang sudah ada. Renovasinya akan dikhususkan untuk penanganan virus Corona.

"Bukan bangun, karena fasilitas ada tapi lama tidak digunakan. Akan direnovasi dalam waktu yang cepat," ujarnya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Dengan adanya RS khusus virus Corona di Pulau Galang diharapkan menjadi alternatif untuk penanganan pasien. Selama ini sudah ada fasilitas khusus penanganan virus Corona di Pulau Sebaru dan Natuna.

"Kita miliki Pulau Sebaru, Pulau Galang, Natuna. Pilihan-pilihan tidak semua harus dibawa ke Sebaru," terangnya.

Jokowi berharap, fasilitas kesehatan di Pulau Galang akan menunjang kecepatan dalam penanganan kasus virus corona. Meskipun sudah ada 132 RS yang memiliki fasilitas isolasi.

"Kita ingin ada kecepatan, kita ingin fasilitas yang betul-betul siap setiap saat dan tidak bergantung. Negara kita sangat luas sehingga kita harapkan pada titik tertentu memiliki. Meskipun kita setiap daerah ada 132 RS yang siap fasilitas isolasi. Tapi yang kita perlukan seperti Sebaru dan Pulau Galang," tutupnya.

Halaman

(das/fdl)