Arena Aquatic Rp 401 M Buat PON di Papua Rampung

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 11:55 WIB
Arena Aquatic PON Papua
Foto: Dok. Waskita Karya
Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) melalui Building Division telah menyelesaikan pembangunan Arena Aquatic Papua untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 dengan nilai kontrak Rp 401 miliar dari APBN 2018-2020.

Pembangunan dimulai pada 7 Desember 2018 dan selesai pada 31 Agustus 2020. Setelah selesai dikerjakan, Arena Aquatic Papua melaksanakan Sertifikasi Venue sesuai dengan standar federasi renang internasional, Fédération Internationale de Natation, FINA Facility Rules pada 27 Juli 2020.

Kemudian setelah selesai disertifikasi, Arena Aquatic Papua dinyatakan memenuhi standar olimpiade. Adapun kegiatan sertifikasi meliputi pengecekan dan pengukuran dimensi kolam dengan metode random sampling yang dilakukan oleh Ketua Bidang Sertifikasi PB PRSI di dalam Pengawasan Konsultan Spesialis Federasi Renang Internasional (FINA) dari Spanyol melalui media video conference karena pandemi COVID-19.

Berdasarkan hasil pengecekan dan pengukuran tersebut disimpulkan bahwa Field of Play atau Kolam Tanding Arena Aquatic Papua besutan Waskita Karya ini telah sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan oleh FINA.

Arena Aquatic Papua yang berlokasi di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, akan menjadi venue Aquatic termegah di Indonesia bagian Timur. Waskita Karya membangun Arena ini di atas lahan seluas 23.124 m² dengan luas bangunan 17.733 m², memiliki kapasitas spectator 1.722 seat.

Arena Aquatic Papua memiliki tiga arena bertanding atau Field Of Play (FOP) yaitu: kolam tanding (Competition Pool), dengan panjang 51,23 m, lebar 25 m, dan kedalaman 3 m, kolam loncat indah (Diving Pool), dengan panjang 21 m, lebar 25 m, dan kedalaman 5 m, dan kolam pemanasan (Warm Up Pool), dengan panjang 50 m, lebar 21 m dan kedalaman 1 hingga 2 m.

Arena Aquatic PON PapuaArena Aquatic PON Papua Foto: Dok. Waskita Karya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waskita Karya Bangun Ruang Rawat Isolasi RSUP Fatmawati"
[Gambas:Video 20detik]