Proyek Tol Cibitung-Cilincing Disetop, Ini Catatan buat Kontraktor

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 07 Sep 2020 10:27 WIB
Tol Cibitung-Cilincing
Foto: Tol Cibitung-Cilincing (Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance)

Kontraktor pelaksana diminta melakukan koordinasi secara berkelanjutan antara induk perusahaan PT Waskita Karya (Tbk) berkaitan dengan penerapan prosedur Waskita (SOP) oleh tim proyek di lapangan.

Sedangkan, konsultan pengawas diminta melakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui sumber-sumber dari penyebab inspektor lapangan (lalai atau sengaja) menandatangani perubahan desain scaffolding sebagai perancah yang seharusnya merupakan kewenangan chief inspector.

PT Waskita Karya (Tbk) diminta membantu PT Waskita Beton Precast (WBP) Tbk melakukan investigasi mendalam untuk menemukan sumber-sumber penyebab (misalnya lack of control, progress pressure, budget constraints, mis-management control, dll) yang berkontribusi langsung maupun tidak langsung atas keruntuhan perancah tersebut.

"PT Waskita Karya diminta membantu WBP membuat causal structure analysis dari keseluruhan rangkaian sebab-sebab kecelakaan konstruksi agar menjadi pelajaran berharga untuk pencegahan peristiwa serupa di masa datang," imbaunya.

Terakhir, Waskita Karya diminta membantu WBP dengan menempatkan personil-personil berkompetensi tinggi dan berpengalaman untuk mendampingi atau memberi asistensi kepada tim proyek WBP dalam menggunakan prosedur Waskita secara konsisten dan benar.

Hasil dari rekomendasi teknis yang dikirim Komite K2 kepada kontraktor dan konsultan pelaksana adalah meminta kedua belah pihak memberi balasan evaluasi dari kecelakaan kerja yang terjadi sebelumnya. Keduanya juga diminta lebih berhati-hati dan lebih memperketat SOP pengerjaan proyek agar kecelakaan serupa tidak terjadi di kemudian hari.

Untuk nasib pengerjaan proyeknya sendiri, sampai saat ini belum bisa dilanjutkan sampai hasil evaluasi yang diminta sampai kepada Komite K2.

Halaman


Simak Video "Kementerian PUPR Optimalkan Waduk untuk Antisipasi Kekeringan "
[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)