Proyek Kereta Cepat Dikebut, Sampai Mana Progresnya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 07:30 WIB
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tetap jalan di tengah pandemi COVID-19
Foto: Dok. PT KCIC

Chandra mengatakan saat ini pihaknya akan segera mendapatkan rel untuk kereta cepat. 12 ribu lintasan rel kereta cepat akan segera tiba di Indonesia, dikirim dari China.

"12 ribu lintasan rel kereta cepat sedang memasuki proses pengiriman dari Tiongkok ke Indonesia secara bertahap," kata Chandra.

Dia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tempat penyimpanan untuk 12 ribu lintasan rel itu di Bandung. Tepatnya di daerah Tegalluar. Bila sudah sampai pihaknya akan memulai pemasangan lintasan rel kereta cepat.

"Relnya segera mulai bisa dipasang, saat ini relnya sudah jalan ke pelabuhan di Indonesia diharapkan akhir tahun sudah datang. Kita sudah siapkan storagenya ada di Tegalluar," kata Chandra.

Chandra juga mengatakan beberapa persiapan operasional yang dilakukan pihaknya selain melakukan pembangunan infrastruktur kereta cepat. Salah satunya adalah menyiapkan sumber tenaga listrik yang akan bekerja sama dengan PLN, dia menyebut akan ada 4 titik sumber tenaga yang dibutuhkan kereta cepat.

"Kalau untuk power-nya (tenaga listrik) sedang kita siapkan sama PLN. Nanti akan ada 4 titik," kata Chandra.

Kemudian ada juga sistem persinyalan radio yang khusus dipakai untuk kereta cepat. Saat ini pihaknya sedang berkomunikasi dengan Telkomsel soal penyediaannya, dan bersama Kemenkominfo untuk regulasi persinyalannya.

Halaman

(fdl/fdl)