Jalan Tol Cinere-Serpong Hampir Jadi! Begini Kondisinya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 27 Mar 2021 12:30 WIB
Tol Cinere-Serpong
Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta -

Proses pembangunan jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Tol Cinere-Serpong ditargetkan bisa selesai akhir bulan ini. Komisaris Utama PT Jasa Marga Yuswanda A Temenggung sebelumnya mengungkapkan masih ada beberapa kendala minor yang dihadapi dalam proses pembangunan.

Dari pantauan detikcom untuk Gerbang Tol Pamulang sudah terlihat hampir selesai. Para pekerja terlihat sedang merapikan sisa-sisa pekerjaan baik di area tol maupun dekat pintu masuk tol.

Tulisan Gerbang Tol Pamulang juga sudah terpasang dengan tulisan warna merah dan latar belakang putih. Selain itu juga sudah terpasang papan penanda lajur kendaraan.

Tol Cinere-SerpongTol Cinere-Serpong Foto: Sylke Febrina Laucereno

Dekat pintu tol ini juga sudah berdiri gedung berwarna biru bertuliskan Kantor Operasional Jalan Tol Cinere Serpong. Jalan tol ini diharapkan menjadi alternatif masyarakat untuk melakukan perjalanan di dalam kota dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki panjang keseluruhan 14,19 kilometer (km) dan terbagi menjadi 4 seksi. Mulai dari seksi I (Kunciran - Tirtayasa) sepanjang 2,04 km, seksi II (Tirtayasa - Benteng Betawi) sepanjang 3,52 km, dan seksi III (Benteng Betawi - H. Sastranegara) sepanjang 6,57 km.

Lalu yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara - SS Benda) sepanjang 2,06 Km. Hingga saat ini keseluruhan progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran mencapai 97,01% dengan pembebasan lahan mencapai 97,74%.

Berapa panjang Tol Cinere-Serpong? klik halaman berikutnya.

Sementara jalan Tol Cinere-Serpong memiliki panjang keseluruhan 10,14 km dan terbagi menjadi dua seksi. Mulai dari seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 km dan seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 km.

Saat ini, progres konstruksi seksi 1 telah selesai 100% dan siap diresmikan akhir Maret 2021 sedangkan progres konstruksi seksi 2 telah mencapai 79,7% dengan pembebasan lahan mencapai 99,17%.

Jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Cinere-Serpong merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II yang juga akan terintegrasi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang telah lebih dulu dioperasikan oleh PT Marga Trans Nusantara sejak tahun 2019.

(kil/fdl)