Acungan Jempol Jokowi saat Masuk Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 18 Mei 2021 14:40 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, tepatnya di Terowongan Halim siang ini. Dalam kunjungan ini, Jokowi ditemani Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (18/3/2021), Jokowi terlihat asyik berbincang dengan para menteri pada saat masuk ke terowongan. Sesekali, Jokowi mengacungkan jempol ke para menteri.

Entah apa maksud Jokowi mengacungkan jempol dalam perbincangan tersebut. Di terowongan, juga memandangi bagian atas terowongan.

Setelah beberapa menit di terowongan, Jokowi keluar dan menyampaikan, progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai 73%.

"Saya melihat progres sampai hari ini, tadi dilaporkan kepada saya telah selesai 73%," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, proyek tersebut masuk persiapan operasi pada tahun depan. Kemudian, akhir tahun 2022 Kereta Cepat Jakarta-Bandung masuk ke fase uji coba.Tak secara detil, yang pasti Jokowi menyebut proyek ini langsung operasi setelah uji coba dilakukan.

"Nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi dan diharapkan nanti di akhir tahun 2022 Kereta Cepat Jakarta Bandung sudah bisa diujicobakan, tentu saja setelah uji coba langsung masuk ke operasi, operasional," terangnya.

Jokowi berharap, Kereta Cepat Jakarta-Bandung terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. Sehingga, lanjutnya, akan mewujudkan efisien waktu dan daya saing.

(acd/zlf)

Tag Terpopuler