Dibangun Sejak 2017, Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Kelar Bulan Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 16 Jul 2021 10:12 WIB
Sejumlah pekerja mengerjakan proyek tol dalam kota seksi A Kelapa Gading-Pulogebang di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (15/10).
Proyek Tol Dalam Kota Seksi A Kelapa Gading-Pulogebang/Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Akhirnya pembangunan ruas Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang segera rampung. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan pihaknya akan menyelesaikan pembangunan jalan tol tersebut pada akhir bulan ini.

Ruas tol Kelapa Gading-Pulo Gebang memiliki panjang 9,3 kilometer (km) dan masuk ke dalam ruas 6 Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta- Bogor-Depok- Tanggerang- Bekasi), yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR).

"Kehadiran 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota yang baru ini untuk mengurangi kemacetan di Ibu Kota Jakarta. Secara keseluruhan ruas tol membentang sepanjang 69,77 km dengan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT)," Basuki dalam keterangannya, Jumat (16/7/2021).

Seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang juga akan terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol JORR Seksi E yang menghubungkan konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan menunjang akses Pelabuhan Tanjung Priok.

Pembangunan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang dimulai sejak empat tahun yang lalu, tepatnya pada Februari 2017. Saat ini progres konstruksi jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang sudah mencapai 98,8%.

Pembangunan Jalan Tol Layang Dalam Kota Jakarta atau sering disebut dengan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta merupakan Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No.56 Tahun 2018.

Pembangunan Tol Dalam Kota dilakukan bertahap. Cek halaman berikutnya.