Pengumuman! Bandara Halim Tak Jadi Tutup 1 Januari

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 02 Jan 2022 11:10 WIB
Apron pesawat pribadi di Bandara Halim Perdanakusuma
Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Saking memburuknya kualitas bandara, Fadjar menyebut kondisi runway Halim sudah mendekati ambang batas aman. Maka dari itu revitalisasi wajib dilakukan.

"Mungkin ada semacam air tanah dan lain sebagainya, tapi akibatnya runway itu sudah mendekati ambang batas aman," tegas Fadjar.

Di sisi lain, pada kesempatan berbeda Adita juga mengatakan revitalisasi bandara dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan penerbangan yang dilakukan di Halim Perdanakusuma.

"Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan dan keselamatan penerbangan," ungkap Adita saat dihubungi detikcom, Minggu (26/12/2021).

Kondisi bandara Halim yang memprihatinkan juga pernah disoroti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dia mengungkapkan, kondisi Bandara Halim Perdanakusuma sudah sangat mengkhawatirkan dari segi keselamatan. Setidaknya 30-40% landasan pacu (runway) pesawat bermasalah.

"Jadi memang ada inisiatif melakukan revitalisasi karena keselamatan di sana itu sangat mengkhawatirkan, terutama runway-nya sudah bermasalah kondisinya 30-40%," kata Budi Karya saat ditemui di sela-sela peresmian ruas jalan tol Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021) lalu.

Selain itu, masalah lain yang terjadi di Bandara Halim juga adanya kondisi banjir yang mengancam keselamatan Bandara. "Banjir juga masalah, jadi kita melakukan penyelamatan dari safety bandara itu," ujarnya.



Simak Video "Kemenhub soal Rencana Revitalisasi Halim: Demi Pertimbangkan Keselamatan"
[Gambas:Video 20detik]

(hal/zlf)