Ruas Tol Simpang Susun Sadang - Kutanegara Dibuka untuk Mudik

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 22 Apr 2022 10:11 WIB
tol fungsional
Foto: Dok. Jasa Marga

JJS juga akan menyiapkan fasilitas pendukung di jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, antara lain penerangan, perambuan, stick cone dan flag man untuk memandu pengguna jalan, petugas dan pos pantau, fasilitas pengisian bahan bakar sementara serta fasilitas pendukung lainnya.

"Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan mulai dari SS Sadang hingga Kutanegara tidak dikenakan tarif, namun pengguna jalan tetap harus melakukan tapping di GT Sadang Fungsional. Di gerbang tol ini, pengguna jalan akan membayar tarif tol Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang," tutup Charles.

Untuk melewati jalur fungsional, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk selalu awas dan berhati-hati karena kondisi jalan yang masih terbatas. Selain itu, patuhi arahan petugas di lapangan serta perambuan yang berlaku, termasuk batas maksimal kecepatan kendaraan yang diperbolehkan saat melalui jalur fungsional, serta pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan isi penuh bbm sebelum memasuki jalur fungsional.

Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan bagian dari Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang 27,85 km yang saat ini tengah menjadi prioritas pekerjaan dari total proyek secara keseluruhan. Total panjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan nantinya mencapai 62 km yang dibagi atas 3 seksi pekerjaan yaitu Seksi 1: Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 km, Seksi 2: Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 km dan Seksi 3: Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km.


(ang/dna)