Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Kamis 27 Oct 2016, 07:20 WIB

Resign dari Kantor, Tapi Tak Berani Buka Usaha Sendiri

Eko Endarto - detikFinance
Resign dari Kantor, Tapi Tak Berani Buka Usaha Sendiri Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan:
Senang sekali mengenal Anda. Saya baru saja memutuskan untuk keluar dari kantor saya, karena saya merasa tidak pas dengan atasan saya. Saya berencana untuk membuka usaha karena kapok bekerja kantoran lagi.

Tapi masalahnya saya tidak berani karena usaha kan tidak pasti dapat untung, bagaimana mengantisipasinya?

Terima Kasih
Rikko - Tangerang


Jawaban:

Rikko di Tangerang,

Senang berkenalan dengan Anda. Wah sudah berani mengambil keputusan nih, tapi kenapa tanggung? Seharusnya Anda tidak perlu takut untuk melangkah lagi apapun itu jalan yang ingin diambil.

Keputusan untuk keluar dari pekerjaan sebenarnya bukan keputusan yang mudah dan ringan. Tapi Anda berani untuk mengambilnya. Padahal dengan keluar berarti kepastian penghasilan akan hilang kan. Nah kenapa untuk mengambil keputusan yang memungkinkan mendapatkan penghasilan malah takut?

Memutuskan untuk membuka usaha sudah bagus. Dan takut rugi itu harus karena dengan takut rugi kita akan mengerjakannya dengan lebih hati-hati dan penuh perhitungan.

Yang perlu Rikko ketahui, usaha bukan sekedar untung dan rugi, tapi lebih dari pada itu usaha adalah proses. Nah dalam proses itu pasti ada untung dan rugi, sama seperti kita berjalan pasti ada sandungan kan. Nah sandungan di dalam bisnis adalah kerugian. Jadi memang dalam bisnis selalu ada kerugian. Maka setiap bisnis pasti ada tahapan kerugiannya atau sandungannya. Namun percayalah dengan sandungan itu ada pelajaran baik di sebaliknya yang bisa kita gunakan untuk terus berjalan dan berhasil lagi. Kerugian itu jangan ditakuti tapi diantisipasi supaya tidak terjadi terus dan terlalu besar.

Nah itu bisa diperoleh dari pengalaman Rikko. Setelah Anda merasakan sandungan dan jalan yang mulus. Pasti Rikko akan semakin ahli untuk menghindari penyebab dari sandungan perjalanan Rikko, dan kalau pun tetap tersandung, Rikko tahu bagaimana bisa tetap berdiri dan berjalan dengan tegar.

Riko sudah memilih satu jalan yaitu lepas dari yang lama. Mau tidak mau Rikko harus ambil yang baru, untuk itu mulailah dengan melangkah. Takut jatuh, maka melangkahlah dengan langkah yang kecil dulu. Atau dalam bisnis mulailah dengan modal kecil dulu.

Ok Rikko selamat berusaha ya.. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed