Awas Kelewat! Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ditutup Besok

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 29 Apr 2021 08:22 WIB
Infografis sekolah kedinasan 2021
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim: Infografis sekolah kedinasan 2021
Jakarta -

Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 ditutup 30 April. Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) per 28 April 2021 mencatat 245.188 pelamar sudah membuat akun SSCASN DIKDIN dan 164.667 sudah memilih sekolah kedinasan yang diminati. Namun yang sudah menyelesaikan proses pendaftaran baru 115.709 pelamar.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Andi Rahadian mengatakan, calon pelamar masih punya waktu untuk membuat akun SSCASN, melengkapi data dan dokumen persyaratan, serta menyelesaikan proses pendaftaran.

"Masih ada waktu untuk mendaftar sampai 30 April 2021 pukul 23.59 WIB. Bagi yang belum membuat akun atau pun belum menentukan sekolah dapat segera menuntaskan pendaftaran sampai tahap akhir," kata Andi melalui keterangan tertulis, Kamis (29/4/2021).

Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 dibuka sejak 9 April 2021. Untuk mendaftar, calon pelamar harus membuat akun SSCASN di portal dikdin.bkn.go.id. Selanjutnya pelamar melengkapi data-data di formulir pendaftaran sekaligus memilih sekolah kedinasan dan formasi yang ingin dilamar.

"Pelamar hanya dapat memilih satu dari 29 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran," sebutnya.

Kemudian pelamar mengunggah dokumen persyaratan sesuai ketentuan instansi yang dilamar. Pelamar sekolah kedinasan diimbau agar teliti dan mengecek kembali data-data serta dokumen sebelum mengakhiri proses pendaftaran.

"Sebelum submit, pastikan semua data dan dokumen sudah sesuai. Cek kembali apakah yang sudah diisi dan diunggah sesuai dengan ketentuan persyaratan," terang Andi.

Pelamar dapat mengunduh Buku Petunjuk Pendaftaran Dikdin 2021 pada tautan https://dikdin.bkn.go.id/alur untuk mengetahui alur pendaftaran sekolah kedinasan 2021.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, pelamar dapat menghubungi layanan helpdesk daring Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui tautan https://helpdesk.bkn.go.id/dikdin/home. Terkait syarat-syarat pendaftaran lainnya dapat dilihat pada website masing-masing instansi/sekolah kedinasan.

Dia mengingatkan pelamar sekolah kedinasan untuk waspada terhadap praktik penipuan/percaloan yang kerap muncul saat penerimaan sekolah kedinasan. Proses seleksi dilakukan dengan Computer Assisted Test (CAT) yang dipastikan transparan dan akuntabel.

"Jangan mudah percaya terhadap pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan menjadi mahasiswa atau taruna sekolah kedinasan," tutupnya.

(toy/fdl)

Tag Terpopuler