Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Sep 2018 18:02 WIB

Dapat Medali, Bisakah Orang Terkaya RI Jadi PNS? Ini Kata KemenPAN RB

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Dok Detikcom Foto: Dok Detikcom
Jakarta - Menteri PAN RB Syafruddin mengatakan semua atlet yang mendapat medali di Asian Games 2018 bisa ditawari menjadi PNS. Tak hanya emas, atlet yang mendapat perak dan perunggu pun bisa.

Lantai. bagaimana dengan Atlet bridge Bambang Hartono yang mendapatkan medali perunggu?

Menurut Deputi SDM Kementerian PAN RB Setiawan Wangsaatmaja pada dasarnya ada batas usia penerimaan bagi atlet yang ingin menjadi PNS, yakni berkisar 18 hingga 35 tahun.

Dengan begitu, dia mengatakan. Bambang yang juga orang terkaya di Indonesia itu tak bisa menjadi salah satu PNS. Pasalnya, tahun ini ia genap berusia 78 tahun.


"Ya kalau batas umurnya masih muda di bawah 18 tahun kan nggak bisa. Kan antara 18-35 tahun usiannya. Kalau kaya atlet bridge (Bambang Hartono) itu kan nggak bisa," kata dia usai konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Lebih lanjut, ia memaparkan pengangkatan atlet Asian Games memiliki tahapan yang sama dengan calon pelamar PNS lainnya.

Hanya saja, ia masuk dalam formasi khusus, yakni atlet berprestasi internasional. Adapun, terkait posisi serta instansi masih akan dikoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Jadi posisinya yang terkait dengan atlet Asian yang mendapatkan medali, yang memang tertulis menjadi PNS, mereka akan ditawarkan itu," imbuhnya.


"Saat ini dilakukan pemetaan mudah-mudahan hari ini selesai, pemetaan untuk melihat, pertama untuk diangkat menjadi CPNS ada batasan usia, kita pun ingin melihat kompetensinya, latar belakang apa, supaya penempatannya lebih optimal, ini upaya kita supaya atlet yang direkrut bisa berkiprah lebih baik saat jadi ASN," tutup dia.

Sebelumnya, MenPAN RB Syafruddin yang juga Ketua Kontingen Indonesia (CdM) mengatakan para atlet yang meraih medali dalam ajang Asian Games 2018 mendapat kesempatan untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau anggota Polri maupun TNI. Hal ini diutarakannya setelah atlet wushu, Lindswell Kwok meraih medali emas.

"Bukan hanya yang meraih emas, tapi peraih medali perak dan perunggu juga bisa menjadi PNS, polisi maupun TNI. Asalkan sehat, bisa," kata Syafruddin dalam keterangannya yang dikutip dari laman resmi Asian Games 2018, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed