Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Nov 2018 15:35 WIB

Catat! Ini Waktu Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2018

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung
Jakarta - Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan mulai berlangsung awal Desember 2018. Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih melakukan validasi terkait peserta yang lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Demikian disampaikan Kepala Kepala BKN Bima Haria Wibisana di kantornya, Kamis (22/11/2018).

"Mudah-mudahan untuk yang menggunakan fasilitas BKN dimulai tanggal 4 ini akan mulai tes," ujarnya.

Sementara, untuk yang menggunakan fasilitas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bisa terlaksana lebih cepat dari tanggal 1 atau 2 Desember 2018.

"Untuk yang menggunakan fasilitas UNBK ini akan (tanggal) 1-2 bisa ikut tes, karena mereka menggunakan fasilitas sekolah," ujarnya.


Bima menerangkan, materi ujian SKB tergantung formasi jabatannya. Untuk tenaga kesehatan misalnya, materi ujian akan dirumuskan Kementerian Kesehatan.

"Tanggal 4 diharapkan bisa tes untuk SKB, SKB itu tergantung formasi jabatannya, kalau dia tenaga kesehatan soal-soalnya yang membuat adalah Kementerian Kesehatan," ujarnya.

Sementara, untuk tenaga pendidik seperti dosen akan disusun Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sedangkan, untuk guru disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dia berharap, SKB ini berlangsung selama 7 hari. Nantinya, hasil penilaian SKB akan digabungkan dengan SKD.

"Kita berharap dalam waktu 7 hari, seminggu bisa selesai SKB, semua itu bersamaan. Setelah itu hasil SKB akan digabungkan dengan SKD. Rumusannya sesuai Permenpan adalah 40% SKD dan 60% SKB," tutupnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed