Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Nov 2018 16:57 WIB

SKD CPNS di Manado Diulang, BKN: Supaya Tak Mengecewakan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Seleksi kompetensi dasar (SKD) sejumlah instansi di Manado, Sulawesi Utara diulang. Padahal, Menteri PAN-RB Syafruddin pernah mengatakan tak ada rencana pengulangan tes CPNS karena tidak memiliki anggaran.

Lalu, apa kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana?

Bima menerangkan, tes tersebut diulang karena ada soal yang kosong atau blank. Supaya tidak mengecewakan, maka ujian kembali diulang.

"Manado itu entah kenapa, banyak soal TIU, khusus TIU saja yang kosong, blank, itu lumayan banyak dan variasi ada 3 soal kosong, 10 kosong. Dan 10 soal ini kan lumayan kalau betul semua 50. Kami tidak ingin mengecewakan, yang kosong-kosong itu silakan tes lagi," ujarnya di Kantor BKN Jakarta, Kamis (22/11/2018).


Dia mengatakan, peristiwa soal ujian yang kosong ini hanya terjadi di Manado. Masalah serupa tidak terjadi wilayah lain.

"Hanya khusus lokasi Manado saja, yang lain tidak terjadi," ujarnya.

Dia mengatakan, BKN sendiri belum sempat melakukan evaluasi terkait masalah ini. Meski demikian, dia kembali menuturkan, tes ulang dilakukan demi keadilan.

"Untuk menjaga keadilan silakan dan itu sudah selesai. Tidak ada komplain, tapi kita katakan yang akan digunakan nilai terakhir, yang ikut pasti yang nilainya rendah," tutupnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed