Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 28 Nov 2018 10:17 WIB

268 Pelamar CPNS Kemlu Lulus Tes SKD

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Gedung Pancasila Kemlu/Foto: Ari Saputra Gedung Pancasila Kemlu/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengumumkan 268 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) lolos dalam seleksi kompetensi dasar (SKD). Pengumuman tersebut diumumkan melalui laman https://e-cpns.kemlu.go.id/.

SKD CPNS Kemlu dilaksanakan pada 4 November 2018 lalu di kantor pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN). SKD diikuti oleh 1.218 peserta dan yang lulus ke tahap berikutnya sebanyak 268 orang.

Mereka yang lulus didasarkan pada penilaian passing grade untuk Tes Karakteristik Pribadi 143, Tes Intelegensia Umum 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan 75.


Akan tetapi, jika kebutuhan formasi tidak dipenuhi dari passing grade tersebut, maka diambil dari kelompok kedua dengan nilai kumulatif SKD jalur umum dan jalur putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) paling rendah sebesar 255. Sedangkan nilai kumulatif SKD jalur putra/putri Papua dan Papua Barat paling rendah sebesar 220.

Selanjutnya, para pelamar CPNS Kemlu yang lulus ke tahap selanjutnya bisa mengikuti SKB 1 yaitu ujian kemampuan bahasa asing untuk jabatan Diplomat pada 3 Desember 2018 dan SKB 2 untuk semua jabatan berupa ujian tulis substansi menggunakan CAT dan esai pada 4 Desember 2018.


Selanjutnya, rangkaian seleksi diikuti oleh tes tertulis psikologi, wawancara psikologi, kesehatan fisik, wawancara substansi, dan pengumuman di akhir Desember 2018.

Penyelenggaraan SKB dan tes kesehatan CPNS Kemlu akan diselenggarakan di Jakarta. Pelamar diharapkan berada di lokasi ujian paling lambat satu jam sebelum dimulai.


(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed