Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Des 2018 18:13 WIB

Psst... Ini Kisi-kisi Tes SKB CPNS 2018

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) telah dimulai hari ini. Pelaksanaan tersebut dilakukan sebagai tahapan terakhir ujian tulis peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan pelaksanaan SKB pada setiap instansi dilakukan berbeda-beda. Pasalnya ujian tersebut mengikuti ketentuan setiap instansi.

"Setiap instansi dan kementerian itu beda-beda pelaksanaannya. Ada Pemda yang ujian pakai CAT, multiple choice. Kalau Kemenlu itu pakai Toefl," jelas dia kepada detikFinance, Senin (3/12/2018).

Kemudian, tes SKB juga dibedakan berdasarkan jabatan atau formasi yang dipilih peserta. Ia memberi contoh, jabatan fungsional tertentu dan jabatan pelaksana.


Adapun, untuk jabatan fungsional tertentu misalnya sebagai pranata humas maka soal yang akan keluar dalam SKB akan terkait dengan jenis pekerjaan sebagai humas.

"Formasi itu dibagi dua dari sistem kami, jabatan fungsional tertentu dan jabatan pelaksana. Misalnya, untuk jabatan fungsional tertentu pranata humas (soal) dijelaskan pekerjaan seperti apa, sisi humas apa yang dilakukan," sambung dia.

Kemudian, contoh untuk jabatan pelaksana adalah analisis akuntan kinerja. Maka contoh soal yang akan diujikan terkait cara mengatur kinerja.

"Kalau jabatan pelaksanaan itu misalnya analisis akuntan kinerja itu pasti tentang mengukur kinerja. Jadi (kisi-kisi soal) kawinkan saja nama jabatan dan kegiatan apa yang ada dengan informasi tugas," pungkas dia.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed