Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Des 2018 19:46 WIB

Ingat! Update Info CPNS Tak Lagi di Sscn Bkn Go Id

Niken Widya Yunita - detikFinance
Ingat! Update Info CPNS Tak Lagi di sscn bkn go id (Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung) Ingat! Update Info CPNS Tak Lagi di sscn bkn go id (Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung)
Jakarta - Informasi mengenai Calon Pegawai negeri sipil (CPNS) diperoleh di sscn.bkn.go.id. Namun kini, update CPNS tidak lagi dilihat di situs itu melainkan di instansi terkait, seperti Kemenkumham, Kemenag, BNN, Kemenkeu dan Kemendikbud.

"Update info CPNS tidak lagi di sscn.bkn.go.id," ujar Kasubag Hubungan Media dan Antarlembaga Biro Humas BKN, Diah Eka Palupi, ketika berbincang dengan detikcom, Senin (3/12/2018).

Menurut Diah, info CPNS tidak lagi di sscn.bkn.go.id untuk menghindari error di situs tersebut. Terakhir, info CPNS di situs tersebut untuk pendaftaran CPNS.



Saat ini, CPNS masih melakukan tahapan tes. Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 telah selesai dilakukan. Dalam SKD terdapat tiga hal yang diuji, antara lain Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Tes Karakteristik Pribadi dalam SKD bertujuan untuk mengetahui kemampuan CPNS beradaptasi, bekerja dalam tim, IT, pelayanan, karakter, integritas, kemampuan menahan sebaran hoax, SARA, dan sebagainya.

Selanjutnya Tes Intelegensia Umum dalam SKD dibuat untuk mengukur seberapa cakap CPNS dlm logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru. Kemudian Tes Wawasan Kebangsaan dalam SKD berisi tentang pemahaman akan Pancasila, UUD 1945, nasionalisme, hingga bahasa Indonesia.



Kalau tidak lolos passing grade SKD, CPNS langsung gugur. Di dalam SKD terdapat 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Penilaian dalam tes dilakukan dengan formula nilai 5 jika benar dan 0 jika salah dalam TWK dan TIU. Untuk TKP jawaban bernilai 1-5.

Untuk lolos dalam SKD, passing grade formasi umum, cukup jawab benar 15 TWK, 16 TIU, dan 29 TKP bernilai 5.

Pengumuman yang lolos SKD telah diumumumkan mulai pekan lalu di instansi terkait melalui masing-masing situ. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan saat ini sudah ada 447 instansi yang telah melakukan verifikasi dan validasi penyelesaian dari seleksi sebelumnya. Menurut Ridwan, sisanya beberapa intansi mudah-mudahan nanti malam selesai mengumumkannya.

Pekan ini, CPNS akan melakukan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Misalnya saja Kemenkum HAM. Instansi itu akan melakukan tes pada 4 Desember 2018.

Sebagian instansi atau kementerian melaksanakan SKB dengan menggunakan sistem computer assisted tes (CAT) milik BKN. Adapun, setelah KKP, rencananya besok Kementerian Luar Negeri juga akan melaksanakan.

Sementara itu, SKB sendiri merupakan tes tahap akhir yang pelaksanaannya dilakukan dengan menguji kemampuan peserta terhadap formasi yang dipilih dalam seleksi CPNS. Pengumuman yang lolos akan dilakukan pada 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada (16/10/2018) mengatakan, totalnya ada 3.627.797 pelamar yang bakal bertarung memperebutkan kursi CPNS. Sebanyak 3,6 juta peserta tersebut akan diseleksi untuk mengisi 238.015 formasi CPNS di 76 kementerian/lembaga (K/L) dan 525 instansi pemerintah daerah. Namun berdasarkan informasi dari BKN, sebanyak 1.751.661 pelamar CPNS ikut tes SKD.



(nwy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed