Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Des 2018 15:50 WIB

Honorer Ikut Seleksi Jadi 'PNS' Sudah Pasti Lulus?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Pemerintah akan memberikan kesempatan kepada tenaga honorer untuk bisa menjadi setara pegawai negeri sipil (PNS). Kesempatan itu diberikan melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Lalu, apakah tenaga honorer yang ikut seleksi PPPK otomatis lulus?

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan proses seleksi berlangsung seperti CPNS. Artinya, ada ketentuan yang harus dipenuhi agar tenaga honorer menjadi PPPK.

"Sekarang kita lihat honorer yang mana, kalau honorer di bawah 35 tahun kan dia bisa juga ikutan CPNS," kata Setiawan kepada detikFinance, Jumat (14/12/2018).


Ia menambahkan, tenaga honorer yang berusia cukup masih bisa ikut seleksi CPNS dan juga PPPK. Sedangkan yang sudah melewati batas usia bisa mengikuti seleksi PPPK.

"Kalau dia memenuhi seleksi CPNS, ya ikut CPNS. Kalau persayaratan untuk ikutan PPPK kan PPPK ada levelnya tergantung jabatannya apa," ujar Setiawan.

Setiawan belum bisa mengatakan berapa nilai minimal untuk menjadi PPPK. Ketentuan tersebut masih harus dibahas di tingkat nasional.

"Belum kita tentukan, harus rapat Panitia Seleksi Nasional," kata Setiawan.





Tonton juga 'MenPAN RB Kupas Tuntas Soal Tenaga Honorer':

[Gambas:Video 20detik]


(ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed