Follow detikFinance
Selasa 18 Apr 2017, 08:40 WIB

OSO Securities: Pilkada DKI Bikin Investor Saham Wait and See

OSO Securities - detikFinance
OSO Securities: Pilkada DKI Bikin Investor Saham Wait and See Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mengawali pekan ini (17/04) IHSG ditutup terkoreksi 0,70% ke level 5.577,49. Mayoritas indeks sektoral ditutup turun, penurunan terdalam dipimpin oleh sektor infrastrukr yang melemah 1,45% diikuti oleh sektor keuangan yang terkoreksi 1,28%.

Koreksi yang terjadi pada perdagangan kemarin seiring dengan sikap pelaku pasar yang sudah mulai wait and see di tengah penantian Pilkada DKI, meskipun pengaruhnya tidak terlalu signifikan namun hal tersebut kami perkirakan akan mempengaruhi pergerakan market dalam sepekan ini. Adapun kestabilan politik di Indonesia saat ini dinilai sudah cukup baik sehingga pelaku pasar asing masih tercatat membukukan aksi beli bersih.

Pelaku pasar asing membukukan aksi beli bersih senilai Rp 884,41 miliar. Adapun dari dalam negeri kemarin rilis beberapa data ekonomi yaitu: surplusnya neraca perdagangan Indonesia bulan Maret sebesar US$ 1,23 miliar, lebih tinggi dibanding perkiraan sebelumnya US$ 1,22 miliar, di mana ekspor bulan Maret naik 23,55% yang mampu mengimbangi kenaikan impor sebesar 18,19%.

Sementara itu data penjualan automotif yang rilis kemarin tercatat bahwa penjualan kendaraan bermotor pada bulan Maret turun sebesar 15,9% (YoY) lebih rendah dari penurunan sebelumnya 13,5% (YoY). Adapun penjualan mobil pada bulan Maret tercatat naik 7,9% (YoY) lebih tinggi dari kenaikan pada bulan sebelumnya 7,5% (YoY).

Dari bursa Asia mayoritas indeks ditutup terkoreksi, Indeks ST Times dari bursa Singapura memimpin pelemahan dengan turun 0,98% diikuti oleh indeks Shanghai dari bursa China yang terkoreksi 0,74%. Turunnya indeks Shanghai inline dengan rilisnya data GDP kuartal I China yang hanya tumbuh 1,3% atau di bawah perkiraan pelaku pasar 1,6%.

Akhir perdangangan semalam indeks utama bursa Wall Street ditutup menguat pasca tertekan pada penutupan dipekan sebelumnya. Penguatan yang terjadi pada perdagangan semalam seiring dengan mulai beralihnya fokus pelaku pasar, dari yang sebelumnya terfokus terhadap ketegangan politik, saat ini sudah mulai memperhatikan rilisnya kinerja keuangan emiten di kuartal pertama di mana perbankan mencatatkan kenaikan pendapatan yang signifikan. Sektor perbankan dan teknologi tercatat menguat pada perdagangan semalam. Indeks Dow Jones menguat 0,90% ke level 20.636,92, S&P 50 naik 0,86% ke level 2.349,01 dan Nasdaq terangkat 0,89% ke level 5.856,79.

Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah. Secara teknikal, terbentuknya long black candle mengindikasikan potensi pelemahan lanjutan, indikator stochastic oscillator bearish, RSI lemah dan histogram MACD negatif. Kami perkirakan IHSG akan bergerak di kisaran 5.523-5.598. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed