Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Nov 2018 08:42 WIB

Kiwoom Securities: IHSG Berpotensi Naik ke 5.853-5.958

Kiwoom Securities - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Di akhir pekan (2/11) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 70,37 poin (+1,21%) ke level 5.906. Sementara investor asing membukukan net buy di semua perdagangan saham sebesar Rp 1,16 triliun.

Hari ini pergerakan IHSG diprediksi melanjutkan penguatannya. Faktor menguatnya indeks di pengaruhi dari internal yaitu menguatnya nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di mana sejak diberlakukannya Domestic Non Deliverable Forward (DNDF) pada 1 November 2018 mampu memberikan penguatan rupiah, hal ini tentu memberikan implikasi yang positif terhadap nilai tukar rupiah.


Investor asing dalam sepekan kemarin telah membukukan net buy sebesar Rp 4,5 triliun, rilisnya laporan keuangan emiten pada kuartal III-2018 yang sebagian mengalami pertumbuhan serta rilisnya data inflasi yang masih terkendali akan memberikan sentimen positif untuk pasar saham. Sementara sentimen eksternal, adanya pernyataan Presiden AS Donald Trump yang positif terkait perang dagang, di mana Trump dikabarkan tertarik untuk mencapai kesepakatan dagang dengan Xi Jinping Presiden China.

Namun apapun bisa saja terjadi mengingat pertemuan ini diadakan pada akhir bulan November nanti, tapi pernyataan Trump akan menjadi awal yang baik untuk memulai pembicaraan. Di satu sisi, China juga tampaknya tetap akan mencari solusi yang menguntungkan bagi keduanya.


Beralih dari sana, Pemilu Kongres akan menjadi sesuatu yang sangat dinantikan, karena Barrack Obama kembali ke panggung politik untuk mengamankan kursi di kongres untuk partai masing masing. Trump harus memenangkan kongres untuk Republik kalau tidak ingin Pemerintahnya rawan di jegal oleh Demokrat. Secara teknikal, indeks IHSG hari ini berpotensi melanjutkan kenaikanya dengan support dan resistance di level 5.853-5.958. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed