Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Nov 2018 08:50 WIB

OSO Securities: IHSG Berpotensi Menguat Kisaran 5.926-6.030

OSO Securities - detikFinance
Foto: detikcom Foto: detikcom
Jakarta - Pada perdagangan kemarin (15/11), IHSG ditutup menguat sebesar 1,66% ke level 5.955,74. Sembilan dari sepuluh indeks sektoral berakhir dalam zona hijau, dimana sektor Aneka Industri dan Infrastruktur memimpin penguatan masing-masing sebesar 3,72% dan 2,78%. Adapun saham yang menjadi penggerak indeks di antaranya TLKM.

Adapun salah satu sentimen yang menjadi penopang indeks adalah rilisnya suku bunga acuan (BI-7 Days Repo Rate) pada (15/11) yang sesuai dengan keinginan pasar untuk menjaga dana asing melalui kenaikan 25 basis poin menjadi 6%, kenaikan tersebut dinilai akan menjadi sentimen positif guna stabilitas nilai tukar Rupiah.

Sementara itu, rilisnya laporan neraca perdagangan bulan Oktober 2018 yang tercatat defisit sebesar US$ 1,82 miliar tidak mampu menyurutkan optimisme para pelaku pasar.

Pelaku pasar asing membukukan aksi beli bersih (Netbuy) sebesar Rp 1,37 triliun. Nilai tukar rupiah terapresiasi sebesar 0,83% ke level 14.665.

Sementara itu, indeks utama bursa saham AS ditutup menguat inline dengan bursa saham global yang mayoritas ditutup dalam zona hijau. Indeks Dow Jones naik 0.83%, S&P dan Nasdaq terangkat 1.06% dan 1.72%.

Penguatan ini dikarenakan adanya isu yang menyatakan pihak Amerika akan menghentikan tarif lebih lanjut atas impor China. Hal tersebut mendorong asumsi pelaku pasar bahwa pertemuan China dan AS kali ini akan berhasil meredakan perang dagang.

Selain itu, isu tersebut juga didukung oleh pernyataan oleh Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer bahwa tarif atas impor China selanjutnya masih akan ditahan.

IHSG ditutup menguat sebesar 1.7% ke level 5.955. IHSG ditutup bullish dengan indikator Stochastic bullish, MACD histogram masih bergerak naik dengan volume meningkat. Kami perkirakan IHSG berpotensi menguat dengan pergerakan di kisaran 5.926 - 6.030. (fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed