Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Des 2018 08:53 WIB

OSO Securities: IHSG Diperkirakan Melemah ke 6.034

OSO Securities - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pada perdagangan awal pekan ini (17/12),IHSG ditutup melemah sebesar 1,31%kelevel 6.089,30. Sembilan dari sepuluh indeks sektoral berakhir dalam teritori negatif, di mana sektor Industri Dasar dan Manufaktur memimpin pelemahan masing-masing sebesar 2,20% dan 1,83%. Adapun saham yang menjadi pemberat indeks di antaranyaBBRI, HMSP, ASII, BMRI, UNVR.

Pelemahan yang terjadi pada indeks dikarenakan adanya kekhawatiran para pelaku pasar pasca rilisnya data Neraca Perdagangan bulan November 2018 yang tercatat defisit sebesar US$ 2,05 miliar, jumlah tersebut dinilai akan berdampak negatif terhadap cadangan devisa Indonesia ke depannya.

Selain itu nilai ekspor dan impor yang mengalami penurunan mengindikasikan adanya suatu pelemahan dari sektor riil & manufaktur dari dalam negeri. Pelaku pasar asing membukukan aksi jual bersih (netsell) sebesar Rp 405 miliar. Nilai tukar rupiah terapresiasi sebesar 0,01% ke level Rp 14.580.


Sementara itu indeks utama bursa Wall St ditutup dalam teritori negatif pada perdagangan awal pekan ini (17/12). Indeks Dow Jones turun 2,11%, S&P tertekan 2,08%, dan Nasdaq melemah cukup besar 2,27%.

Pelaku pasar mengantisipasi atas ketidakpastian arah kebijakan Federal Reserve jelang tahun depan yang belum sepenuhnya menyatakan akan memperlambat laju kenaikan suku bunga serta rilisnya indeks manufaktur AS bulan Desember di level 10,90 yang lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang di level 23,3 turut menjadi pemberat pergerakan indeks.

Selain itu, sentimen negatif lainnya berasal dari obligasi AS yang terus mengalami inverted yield atau resiko dalam waktu dekat lebih besar dibandingkan jangka panjang nya kembali menjadi kekhawatiran pelaku pasar atas potensi terjadinya resesi dalam waktu dekat.


IHSG ditutup melemah sebesar 1,3% ke level 6.089. IHSG ditutup candle bearish dengan indikator Stochastic dead cross dan MACD histogram bergerak negatif dengan volume meningkat. Kami perkirakan IHSG kembali bergerak melemah dengan pergerakan di kisaran 6.034-6.118.



(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed