Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Okt 2014 08:46 WIB

Gesek Kartu Kredit Dibatasi

Punya Kartu Kredit Harus Dibatasi Bila Punya Riwayat Utang Buruk

- detikFinance
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) akan membatasi kepemilikan kartu kredit bagi nasabah bergaji kurang dari Rp 10 juta. Banyak yang tidak setuju atas rencana bank sentral ini.

Kebanyakan nasabah berharap pembatasan dilakukan berdasarkan riwayat utang dan bukan besaran gaji. Pasalnya, bila gaji masih kurang dari Rp 10 juta tapi riwayat pembayaran utangnya baik maka sebaiknya tidak perlu dibatasi.

"Menurut saya punya lebih dari 2 kartu lebih banyak manfaatnya. Walaupun penghasilan kurang dari Rp 10 juta tetapi kalau bisa membayar nggak masalah kan? Di samping itu saya menggunakan untuk bisnis dan keperluan mendadak, daripada KTA proses lama lebih baik pakai kartu, semoga bisa direvisi pembatasan ini," kata pembaca bernama Affan Wahyu kepada detikFinance, Jumat (3/10/2014).

Beberapa nasabah lain juga setuju atas hal ini, seperti dikemukakan Raka. Ia tidak menolak rencana pembatasan yang dilakukan BI, namun sebaiknya tetap memperhatikan rekam jejak si nasabah.

"Kalaupun dibatasi harusnya melalui pengecekan track record dia dong, lancar atau tidak pembayarannya. Kalau tidak lancar baru deh, jangan asal harus tutup semua kartunya kalau lebih dari dua," ujar Raka.

Raka yang punya empat kartu kredit ini mengaku pembayaran utangnya selama ini lancar sehingga merasa tidak perlu ada kartu yang ditutup.

"Itu semua saya gunakan untuk berbisnis bukan sebagai alat untuk berutang, ingat kartu kredit bisa juga dimanfaatkan untuk berbisnis seperti saya ini," ujarnya.

BI akan mulai memberlakukan pembatasan kepemilikan kartu kredit Januari 2015. Alasannya sebagai salah satu bentuk perlindungan konsumen dan manajemen risiko.

Bagaimana menurut Anda, apakah setuju dengan pembatasan ini atau justru sebaliknya? Selama ini Anda punya berapa kartu kredit? Kirim pendapat dan cerita Anda ke redaksi@detikfinance.com dengan subjek 'Pembatasan Kartu Kredit'.

(ang/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com