Follow detikFinance
Jumat 16 Dec 2016, 14:28 WIB

Tips Pakai Kartu Kredit Biar Nggak Kebobolan

Dewi Rachmat Kusuma - detikFinance
Tips Pakai Kartu Kredit Biar Nggak Kebobolan Foto: GettyImages
Jakarta - Bagi sebagian orang, menggunakan kartu kredit banyak manfaatnya karena bisa memenuhi keinginan tanpa harus membayar uang di muka. Namun sebagian lagi menganggap kartu kredit adalah sumber masalah karena cicilan dan bunga kartu kredit yang selangit.

Perencana Keuangan Eko Endarto mencoba berbagi solusi agar tidak kebobolan dalam menggunakan kartu kredit.

Apa saja tipsnya?

Menurut Eko, perlu diketahui bahwa kartu kredit bukan sebagai uang tambahan, namun merupakan alat pembayaran yang dilakukan di akhir periode. Artinya, transaksi saat ini dan dibayar menggunakan kartu kredit di bulan berikutnya.

"Yang pertama adalah kita harus tahu kalau kartu kredit itu bukan tambahan uang tunai tapi alat pembayaran transaksi yang digunakan bulan ini untuk kemudian dibayar di bulan berikutnya," kata dia kepada detikFinance, Jumat (16/2/2016).

Hal lain yang juga perlu dipastikan adalah kita punya dana lebih untuk bisa membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya.

"Kita harus pastikan saat pakai kartu kredit, akan ada uang masuk sehingga bisa membayar tagihan di bulan berikutnya," ucap dia.

Agar tidak dikenai bunga tinggi, Eko menyebutkan, pengguna kartu kredit sebaiknya melunasi tagihan setiap bulannya. Kalau pun tidak bisa membayar penuh, paling tidak dibayar 30% dari total tagihan. Itu untuk mengantisipasi agar tagihan tidak bengkak akibat bunga kartu kredit yang tinggi. Saat ini, rata-rata bunga kartu kredit dipatok 2,35% per bulan.

"Jangan pernah membayar 10%, minimal 30% kalau nggak bisa bayar penuh," katanya.

Selain untuk transaksi bulanan yang memang tagihannya bisa dipenuhi setiap bulannya, Eko menjelaskan, kartu kredit sebaiknya digunakan untuk keperluan mendadak atau darurat. Namun demikian, harus juga dipastikan pembayarannya bisa dilakukan di bulan berikutnya agar tidak dibebankan bunga yang tinggi.

"Kalau pun digunakan tanpa rencana atau mendadak atau darurat, misalnya sakit untuk bayar uang muka rumah sakit, kalau nggak punya asuransi, bisa pakai kartu kredit dulu," kata dia.

Selanjutnya, Eko menyebutkan, jangan pernah menggunakan kartu kredit untuk memulai sebuah bisnis. Ini akan sangat membebani pemilik kartu kredit.

"Jangan pernah pakai kartu kredit untuk keperluan bisnis khususnya untuk memulai bisnis, itu nggak bagus. Misalnya buka warung nggak boleh pakai kartu kredit tapi harus pakai uang sendiri karena bunga kartu kredit itu pasti, sementara keuntungan bisnis itu tidak pasti, jadi berbahaya, kecuali untuk pengembangan bisnis bisa karena kan sudah untung," pungkasnya. (drk/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed