Follow detikFinance
Rabu 16 Aug 2017, 13:39 WIB

Menteri Agama Berikan Dua Pilihan Ini Kepada First Travel

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Menteri Agama Berikan Dua Pilihan Ini Kepada First Travel Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta First Travel untuk mengembalikan seluruh dana calon jemaah umrah yang sudah menyetor. Jika tidak bisa, First Travel memiliki satu pilihan lain yaitu memberangkatkan calon jemaah yang sudah membayar ke Tanah Suci.

"Dia bisa dikembalikan (refund) dananya, atau dijadwal ulang sehingga mereka bisa umrah setelah musim haji," kata Lukman di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Lukman menambahkan, pihaknya kini menyerahkan proses tersebut kepada pihak kepolisian. Kementerian Agama juga terus memantau perkembangan terkini dari kasus First Travel.

Kementerian Agama juga diminta untuk membuat posko pengaduan atau crisis center. Lukman mengaku pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu apakah pembuatan posko tersebut merupakan kewenangannya atau bukan.

"Kita harus cermati dan dalami dulu apakah kewenangan Kemenag untuk membuat crisis center ini. Ini kan bukan soal membuat atau tidak, tapi apakah Kementerian Agama punya kewenangan untuk melakukan hal dalam upaya menyelesaikan masalah ini," ujar Lukman.

"Tentu kita punya tanggung jawab moral dalam menyelesaikan ini, tapi persoalannya kan juga harus dimiliki untuk bagaimana agar langkah kedepan itu betul-betul memiliki landasan hukum yang jelas," tambah Lukman.

Polisi juga telah menetapkan bos PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel, Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Desvitasari, sebagai tersangka dugaan penipuan perjalanan umrah. (ara/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed