Follow detikFinance
Jumat, 09 Nov 2018 15:55 WIB

Modal Asing Masuk ke Surat Utang RI Sudah Rp 42,6 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dolar AS/ Selfie Miftahul Jannah Foto: Dolar AS/ Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyebutkan aliran masuk modal asing ke Indonesia mulai bergerak. Ini tercermin dari masuknya dana asing ke instrumen surat berharga negara (SBN) dan pasar saham.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan jika dihitung bulan November modal asing yang masuk mencapai Rp 14,4 triliun. "Sehingga secara year to date (ytd) sebesar Rp 42,6 triliun," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat, (9/11/2018).

Dia menjelaskan selain SBN instrumen saham juga mulai dialiri modal asing, yakni sebesar Rp 5,5 triliun. Menurut Perry aliran modal asing ini mencerminkan kepercayaan dari investor yang sudah mulai meningkat terhadap ekonomi Indonesia.


"Bulan ini aliran modal asing ke SBN yang semakin besar dan masuk itu memberikan confidence dari investor global terhadap perekonomian Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya dari data BI periode 29 Oktober 2018 hingga 7 November 2018 ada aliran dari luar negeri ke Indonesia yang masuk ke surat berharga negara (SBN) mencapai Rp 18,1 triliun. Sementara itu periode 29 Oktober 2018 hingga 5 November 2018 arus masuk modal asing ke saham mencapai Rp 2,07 triliun.

Kepercayaan investor asing terhadap Indonesia mulai meningkat. Ini tercermin dari pelepasan dolar AS oleh investor dan bank. Hal ini yang menyebabkan rupiah menguat sangat cepat di tengah kondisi pasar valuta asing Indonesia yang sangat likuid.

(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed