Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Mei 2012 12:28 WIB

Kompak, 26 Bank Italia Turun Peringkat!

- detikFinance
Jakarta - Perusahaan pemeringkat internasional Moody's Investors Service menurunkan peringkat utang dan deposito 26 bank di Italia mulai satu hingga empat peringkat. Penurunan peringkat dilakukan di tengah situasi ekonomi yang bergejolak di Italia dan Eropa.

Peringkat bank-bank di Italia saat ini masuk sebagai yang terendah di Eropa. Namun beberapa usaha dari pemerintah dan bank sentral Eropa untuk menyelamatkan sektor keuangan telah membantu mengurangi tekanan pada beberapa bank di Italia.

Direktur Moody's untuk Eropa Johannes Wassenberg mengatakan, kondisi resesi yang menghantam balik Italia dan meningkatnya risiko kredit menjadi salah satu alasan penurunan peringkat bank-bank di Italia.

"Jika kondisi ini terus berlanjut, maka risiko kepada perbankan akan meningkat. Pendapatan perbankan bisa terganggu," jelas Wassenberg dikutip dari CNN, Selasa (15/5/2012).

Bank-bank besar di Italia terkena pemangkasan peringkat tersebut. Bahkan bank dengan aset terbesar di Italia yaitu UniCredit diturunkan peringkatnya 1 tingkat. Kemudian Intesa, bank terbesar kedua di Italia juga tak lepas dari penurunan peringkat.

Penurunan peringkat ini dilakukan setelah Moody's sebelumnya juga menurunkan peringkat Italia dan lima negara lain di Eropa termasuk Spanyol.


(dnl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed