Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Jul 2015 17:56 WIB

Kredit Macet Perbankan Turun Jadi 2,46% di Juni 2015

Dewi Rachmat Kusuma - detikFinance
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penurunan angka kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) di industri perbankan menjadi 2,46% secara gross di bulan Juni 2015.

Angka ini lebih rendah dari kredit macet di bulan Mei 2015 sebesar 2,47%. Sementara, kredit macet bersih atau NPL nett di bulan Juni 2015 tercatat 1,22%.

Demikian dikatakan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad saat acara Halal bi Halal di Gedung OJK, Jl Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

"NPL gross Juni 2,46%, nett 1,22%. NPL gross Mei 2,47%, sebetulnya turun 1 bps bolehlah dikatakan stabil," ujarnya.

Muliaman menjelaskan, dengan angka kredit yang dinyatakan stabil diharapkan pertumbuhan kredit bisa lebih baik.

"Tentu saya berharap kalau pertumbuhan kredit bisa sesuai RBB, maka NPL bisa terjaga," katanya.

Muliaman menjelaskan, melihat kondisi perekonomian Indonesia yang tengah melambat, bank-bank merevisi Rencana Bisnis Bank (RBB) mereka. Dalam RBB, penyaluran kredit ditargetkan di angka 13-15%, lebih rendah dari proyeksi sebelumnya sebesar 16-17%.

"Luar negeri sementara ini nggak memberikan harapan, pasar luar negeri nggak memberi harapan, tapi saya optimis. Permintaan kredit tetap ada, ada bank malah kredit tumbuh di atas 15 persen, kan rata-rata 13-15%, kenapa bisa 15% karena fokus UMKM," jelas dia.

Menurutnya, taget kredit di level 13-15% dinilai bagus dibanding pertumbuhan kredit negara tetangga yang lebih rendah.

"Apakah kemudian RBB perlu dipersiapkan, saya kira sudah diskusi, sesuai kemampuan, kapasitas, perencanaan, kalau pun bergeser sedikit tidak terlalu signifikan, jadi mudah-mudahan angka 13-15 persen ini konfirm, dengan turun 2 persen masih tinggi dibandingkan Malaysia, Singapura, Thailand yang justru lebih rendah," imbuh Muliaman.

(drk/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com