Follow detikFinance
Kamis 16 Mar 2017, 20:41 WIB

Permintaan Seret, Kredit Bank Cuma Tumbuh 8,3% di Januari

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Permintaan Seret, Kredit Bank Cuma Tumbuh 8,3% di Januari Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pertumbuhan kredit di Januari 2017 tercatat sebesar 8,3% year on year (yoy). Realisai pertumbuhan kredit tersebut masih cukup rendah bila harus berpatokan kepada target 2017 yang sebesar 10-12%.

Penyebabnya adalah permintaan kredit yang masih lemah pada awal tahun. Hal ini bersifat musiman. Biasanya ketika ekonomi mulai menggeliat pada kuartal II, pertumbuhan kredit perbankan juga akan lebih tinggi. Pada sisi lain juga ada konsolidasi korporasi.

"Pertumbuhan kredit masih terbatas karena terus berlanjutnya konsolidasi yang dilakukan korporasi dan masih terbatasnya permintaan kredit," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Tirta Segara, di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Peningkatan pertumbuhan kredit perbankan diperkirakan terjadi mulai kuartal II-2017 mendatang seiring mulai pulihnya penyaluran kredit perbankan.

"Tentunya pertumbuhan ekonomi akan bergerak nanti di triwulan II, III, IV akan terus meningkat," terang Asisten Gubernur Kepala Departemen Ekonomi dan Moneter Dody Budi Waluyo pada kesempatan yang sama.

Alternatif pembiayaan bagi perusahaan saat ini pun semakin beragam. Perusahaan bisa menjual saham perdananya hingga menjual surat berharganya untuk mendapatkan pendanaan.

"Sekarang ini kenaikan pembiayaan untuk perekonomian financing untuk investasi atau konsumsi dari perbankan di 2017 naik baik IPO, rights issue, MTN," tutup Dody. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed