Follow detikFinance
Rabu 19 Apr 2017, 16:57 WIB

Duit Rp 5,8 T Raib Dari Bank China

Maikel Jefriando - detikFinance
Duit Rp 5,8 T Raib Dari Bank China Foto: Dok. CNBC
Beijing - Sebesar 3 miliar yuan (US$ 436 juta) atau sekitar Rp 5,8 triliun (Rp 13.300/US$) hilang dari rekening perbankan swasta, China Minsheng Bank. Ini menjadi sorotan serius, karena menandakan lemahnya kontrol serta pengawasan internal dari perbankan di China, terutama untuk Wealth Management Product (WMP).

Nasabah harus menerima fakta produk yang dijual oleh cabang Minsheng bahkan tidak ada. Saat nasabah menuju bank tersebut, ternyata kepala cabang Zhang Ying telah dibawa sebagai tahanan polisi. Nasabah masih menunggu kompensasi dan penjelasan rinci dari bank.

"Jika kita tidak bisa mempercayai bank besar nasional, apa lembaga keuangan lain yang dapat kita percaya?" Tanya Liu Min yang merupakan nasabah WMP sebesar 12 juta yuan seperti dilansir dari CNBC, Rabu (19/4/2017).

Liu Min, berusia 52 tahun adalah satu dari 150 nasabah perbankan Minsheng yang membeli produk WMP. Sekarang Liu Min masih menunggu di lobi kantor cabang pasca tidak bisa mendapatkan uang kembali pada 17 April lalu.

Dalam kasus ini, hubungan antara nasabah dengan perbankan sudah berlangsung sampai dengan 10 tahun dalam sebuah klub golf. Nasabah ditawari produk oleh bank, seperti pembayaran penuh untuk nasabah yang ingin perjalanan golf di dalam dan luar negeri.

Pihak Minsheng telah bekerja sama dengan Kepolisian setempat untuk menyelidiki kasus tersebut. Kepada nasabah, bank akan bertanggung jawab secara hukum. Termasuk untuk mengamankan dana.

Nasabah tersebut yang berjumlah 150 orang telah mendatangi kantor cabang Hangtianqiao, kantor pusat Minsheng hingga Regulator Perbankan China. Tapi nasabah merasa belum ada kepastian. (mkj/dnl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed