Follow detikFinance
Rabu 17 May 2017, 11:56 WIB

Bankir Tunggu Aturan Detail Pengecekan Rekening oleh Ditjen Pajak

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Bankir Tunggu Aturan Detail Pengecekan Rekening oleh Ditjen Pajak Foto: Tim Infografis: Fuad Hasim
Jakarta - Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Akses Informasi Keuangan Untuk Kepentingan Perpajakan perlu memiliki aturan turunan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana dan apa saja informasi yang akan dibuka oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Direktur Utama PT Bank Mayapada, Hariyono Tjahjarijadi mengatakan, peraturan tersebut sebenarnya berlaku menyeluruh untuk semua lembaga keuangan juga dalam rangka Automatic Exchange of Information (AEoI) tidak hanya perbankan.

Kemudian aturan tersebut juga mengatur bahwa data nasabah bisa diakses oleh Ditjen pajak. "Namun harus diketahui juga cara aksesnya secara detail, masih perlu ada aturan turunannya," ujar Hariyono saat dihubungi detikFinance, Rabu (17/5/2017)

Dia menyebutkan aturan turunan diperlukan untuk bank agar mengetahui apa saja yang mesti dilakukan untuk menyiapkan data.



Kemudian Direktur Utama PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib mengungkapkan peraturan ini perlu ditindak lanjuti dengan peraturan pelaksanaan yang lebih detil dan mengerucut.

"Ini untuk memperjelas tanggung jawab dari lembaga dan pegawai yang menerima data keuangan nasabah dalam menjaga kerahasiaan data nasabah di luar kepentingan perpajakan," ujarnya.



Wakil Menteri Keuangan RI, Mardiasmo menyebut akan segera mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai aturan turunan dalam waktu dekat.

Menkeu saat ini sedang berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait pemberlakuan aturan. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed