Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 22:08 WIB

BI: 20% Transaksi Kartu Kredit Dilakukan di Luar Negeri

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
BI: 20% Transaksi Kartu Kredit Dilakukan di Luar Negeri Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyebutkan sekitar 15%-20% transaksi kartu kredit dilakukan di luar negeri dan sisanya dilakukan di dalam negeri. Deputi Gubernur BI, Sugeng mengungkapkan, saat ini kartu kredit turut mendorong penyaluran kredit konsumsi nasional.

"Selama ini transaksinya tidak besar, tapi cukup mendorong penyaluran kredit konsumsi di nasional," ujar Sugeng dalam konferensi pers di gedung BI, Kamis (18/5/2017)

Dari data statistik sistem pembayaran di bagian alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) BI per akhir 2016 jumlah volume transaksi kartu kredit tercatat 305,5 juta. Sedangkan untuk nominal tercatat Rp 281,02 triliun.

Hingga Maret 2017, jumlah kartu kredit yang beredar tercatat 17,6 juta kartu. Sedangkan untuk volume transaksi kartu kredit maret tercatat 80,6 juta transaksi.

Untuk nominal transaksi mencapai Rp 71,8 triliun. Sementara itu komposisi penyaluran pembiayaan melalui kartu kredit mengalami peningkatan.

Tahun lalu, penyaluran hanya tumbuh 17% dari total penyaluran kredit konsumsi keseluruhan. Sedangkan kuartal I 2017 sudah tumbuh menjadi 23%.

"Kartu kredit di Maret tahun ini sudah mulai terlihat peningkatan di porsi kredit konsumsinya," kata Gubernur BI dalam kesempatan yang sama. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed