Follow detikFinance
Selasa 18 Jul 2017, 14:50 WIB

DPR Akui Sering Bahas Perubahan Rp 1.000 Jadi Rp 1 dengan BI

Hendra Kusuma - detikFinance
DPR Akui Sering Bahas Perubahan Rp 1.000 Jadi Rp 1 dengan BI Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berharap Kementerian Keuangan (Kemenkeu) segera menyampaikan draft RUU Redenominasi, agar wacana menghilangkan tiga nol pada rupiah bisa direalisasikan pada tahun ini.

Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDIP, Andreas Eddy Susetyo, mengatakan pembahasan UU bisa dilakukan dengan adanya usulan pemerintah atau usulan dari DPR.

"Kami tunggu saja usulan Pemerintah. Kan yang wakili BI (Bank Indonesia) kan Kemenkeu. Pemerintah melalui Sidkab dulu biasanya. Kami tunggu dulu. Ini sifatnya pemanasan saja," kata Andreas di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Dia menyebutkan, keinginan Bank Indonesia (BI) terkait RUU Redenominasi sudah masuk dalam prolegnas di 2017. Namun, hal tersebut bergantung dari sikap pemerintah yang mengusulkan iya atau tidak.

"Keinginan BI masuk Prolegnas 2017, sebenarnya kan hilangkan 3 digit, dan sosialisasinya ke masyarakat, jadi tergantung penyampaian pemerintah karena dalam pembahasan UU kan BI enggak bisa ajukan sendiri," jelas dia.

Di tempat terpisah, Anggota Komisi XI dari Fraksi Partai Golkar, Muhammad Misbakhun, mengungkapkan pembahasan redenominasi antara Komisi XI DPR dengan BI sudah terjadi beberapa kali.

"Enggak, sudah berkali-kali (FGD/Forum Group Discussion), ketiga atau keempat," kata Misbakhun.

Dia memastikan, RUU Redenominasi bisa masuk dalam Prolegnas 2017 jika pemerintah memang benar-benar menginginkannya.

"Pembahasan redenominasi ini kan kita awali dengan perubahan Prolegnas prioritas tahun 2017. Perubahan Prolegnas ini kita akan rapatkan di Baleg (Badan Legislasi), dan setelah Baleg memutuskan, itu baru akan menjadi Prolegnas prioritas 2017. begitu sudah diubah, itu kan usulan pemerintah, nanti kita bahas," jelas dia. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed