Follow detikFinance
Jumat, 23 Feb 2018 18:39 WIB

Iuran BPJS TK Naik dari Rp 2,9 T Jadi Rp 3,5 T

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan mencatat realisasi iuran per Januari 2018 sebanyak Rp 3,54 triliun. Jumlah ini meningkat 21,65% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 2,91 triliun.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto memaparkan naiknya realisasi tersebut terjadi karena adanya peningkatan peserta. Tercatat, capaian tersebut meningkat sebesar 18%.

"Alhamdulilah di kepesertaan kita mencapai angka 45 juta untuk total yang teregister. Kalau perserta yang aktif mencapai 26,4 juta. Ini artinya untuk kepesertaan naik year on year (yoy) itu sebesar 18%," katanya dalam acara BPJS di Restoran Batik Kuring, Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan realisasi pembayaran klaim dan jaminan per Januari 2018 ada sebanyak Rp 2,13 miliar. Realisasi tersebut diterapkan pada empat program, yakni Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun.

Maka dengan menghitung realisasi iuran dan pembayaran klaim, BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan surplus Rp 1,41 triliun.

Selain itu, Agus juga menjelaskan terkait capaian pengelolaan dana investasi yang meningkat sebanyak 24,39% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelum.

"Sementara untuk pencapaian lainnya, seperti sektor pengelolaan dana investasi mencapai Rp 321 triliun. Angka ini meningkat 24,39% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya," imbuhnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed