Follow detikFinance
Sabtu, 09 Jun 2018 09:50 WIB

Ke Mana Uang Rp 1.000 Gambar Cut Meutia?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Halaman 1 dari 7
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Uang kertas pecahan Rp 1.000 bergambar Cut Meutia langka di peredaran. Padahal uang ini baru diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada Desember 2016 lalu.

Sejumlah masyarakat bahkan mengaku ada yang belum pernah melihat uang tahun emisi 2016 ini. Ke mana ya uang itu?

Uang bergambar pahlawan nasional wanita Cut Meutia ini agak susah ditemukan. Paling sering menemukan uang pecahan Rp 1.000 dalam bentuk logam.

Recka (22) warga Depok justru mengaku jarang mendapatkan kembalian uang Rp 1.000 emisi baru itu.

"Jarang dapat kalau yang seribuan kertas gambar Cut Meutia, paling sering logaman. Kalau seribuan yang gambar Pattimura dulu kan banyak," kata dia kepada detikFinance, Jumat (8/6/2018).


Tak hanya Recka, Fia (23) warga Warung Buncit juga mengungkapkan jarang sekali melihat uang yang salah satu sisinya memuat pemandangan Banda Neira itu.

"Jarang liat kalau seribuan kertas yang baru. Sekarang paling banyak dua ribuan sih. Tukang parkir juga kayaknya nggak akan mau dikasih seribuan," ujar Fia seraya tertawa.

Dari penelusuran detikFinance, di tempat penukaran uang receh yang ada di Monas atau di bank memang tidak menyediakan uang kertas pecahan Rp 1.000 bergambar Cut Meutia tersebut. Di tempat penukaran hanya menyediakan uang receh pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000 dan Rp 2.000.

Sukma (30) salah seorang petugas kantor cabang bank BUMN di Depok mengungkapkan bank memang tidak menyediakan uang receh kertas pecahan Rp 1.000. Karena memang jarang ada masyarakat yang menanyakan dan tidak ada pasokan dari BI.

"Kami tidak menyediakan pecahan Rp 1.000, dari BI nya nggak ada. Yang ada paling kecil ya Rp 2.000an," kata dia saat berbincang dengan detikFinance.

Sekedar informasi BI menerbitkan uang kertas pecahan Rp 1.000 itu pada akhir 2016 lalu bersama uang kertas pecahan yang lain. Peluncuran dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Gedung Bank Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed