Follow detikFinance
Jumat, 21 Sep 2018 22:48 WIB

Suntikan Dana Rp 4,9 T untuk BPJS Kesehatan Cair Senin Depan

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok. detikcom Foto: Dok. detikcom
Jakarta - Kementerian Keuangan akan mencairkan suntikan dana sebesar Rp 4,9 triliun kepada BPJS Kesehatan. Dana tersebut untuk menambal defisit anggaran penyelenggara program jaminan kesehatan nasional itu.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan pencairan dana tersebut akan dilakukan pada Senin 24 September mendatang.


"Jadi langsung senilai itu, enggak bertahap. Sesuai dengan permintaan BPJS Kesehatan," tutur Mardiasmo di Kementerian Keuangan, Jumat (21/9/2018).

"Itu kan ada peruntukkannya semuanya. Sudah proses administrasi dan Insya Allah semua administrasi selesai hari ini dan besok ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) untuk besok Senin cair," terang Mardiasmo.


Anggaran Rp 4,9 triliun itu disiapkan pemerintah dari APBN yang didasarkan pada PMK (Peraturan Menteri Keuangan) Nomor 113 Tahun 2018 Tata Cara Penyediaan Pencairan dan Pertanggungjawaban Dana Cadangan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Selain itu pemerintah juga akan memanfaatkan cukai rokok untuk menambal defisit BPJS Kesehatan yang kini mencapai Rp 16,5 triliun. Kementerian Keuangan akan menerbitkan aturan sebagai turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) yang baru ditandatangani Presiden Jokowi.

"Perpres itu memerintahkan Bu Menteri untuk memotong pajak rokok yang akan masuk ke APBD yang kita potongkan," tambahnya.


Potongan pajak rokok itu ditetapkan sebesar 75% dari setengah atau 50% penerimaan cukai pajak. Nilainya diperkirakan bisa mencapai Rp 5 triliun.

Cukai rokok yang diterima tahun ini diperkirakan mencapai Rp 148 triliun. Dari Rp 148 triliun, sebanyak 10% atau sekitar Rp 14 triliun merupakan pajak.


Lalu separuh dari pajak rokok itu berarti Rp 7 triliun. Nah jika dihitung 75% dari nilai itu maka nilai pajak rokok yang diberikan ke BPJS Kesehatan mencapai Rp 5 triliun. (das/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed