Follow detikFinance
Sabtu, 22 Sep 2018 10:40 WIB

Dana Rp 4,9 T 'Obat Kuat' BPJS Kesehatan Cair Senin Depan

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 4
BPJS Kesehatan/Foto: Dok. detikcom BPJS Kesehatan/Foto: Dok. detikcom
Jakarta - BPJS Kesehatan akhirnya bisa bernapas lega karena pemerintah akan menyuntik dana untuk menambal defisit anggaran. Pemerintah akan mengucurkan Rp 4,9 triliun sebagai 'obat kuat' bagi BPJS agar tak kekurangan dana lagi.

Langkah pemerintah menyelamatkan BPJS Kesehatan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 113 Tahun 2018 Tata Cara Penyediaan Pencairan dan Pertanggungjawaban Dana Cadangan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

"Itu kan ada peruntukannya semuanya. Sudah proses administrasi dan Insya Allah semua administrasi selesai hari ini dan besok ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) untuk besok Senin cair," terang Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di Kementerian Keuangan, Jumat (21/9/2018)

Selain itu pemerintah juga akan memanfaatkan cukai rokok untuk menambal defisit BPJS Kesehatan yang kini mencapai Rp 16,5 triliun. Kementerian Keuangan akan menerbitkan aturan sebagai turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) yang baru ditandatangani Presiden Jokowi.

"Perpres itu memerintahkan Bu Menteri untuk memotong pajak rokok yang akan masuk ke APBD yang kita potongkan," kata Mardiasmo.

Bagaimana BPJS Kesehatan bisa defisi hingga akhirnya pemerintah mau suntik dana Rp 4,9 triliun? Baca ulasan lengkapnya di sini: (hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed