Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Okt 2018 10:04 WIB

Jokowi Ingatkan Winter is Coming di IMF-WB, Apa Maksudnya?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Nusa Dua - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada seluruh pejabat dunia yang hadir dalam acara IMF-World Bank (WB) tahun 2018 untuk mewaspadai fenomena baru yang mengancam ekonomi.

Ancaman tersebut, kata Jokowi datang setelah para pemangku kebijakan di dunia berhasil menyelamatkan ekonomi dari krisis keuangan.

"10 tahun yang lalu kita mengalami krisis finansial global, berkat langkah-langkah kebijakan moneter dan fiskal yang luar biasa, yang membutuhkan keberanian politik yang besar. Bapak ibu para pembuat kebijakan telah menyelamatkan dunia dari depresi global yang pada waktu itu sudah di depan mata," kata Jokowi di Nusa Dua Hall, Bali, Jumat (12/10/2018).


Jokowi menceritakan, berkat kerja keras para pejabat pengambil keputusan maka pada 2008 ekonomi dunia berhasil melalui krisis keuangan global.

Hanya saja, 10 tahun berlalu Jokowi meminta kepada seluruh pejabat negara, dan pimpinan lembaga dunia yang hadir dalam IMF-WB 2018 untuk tetap waspada seiring meningkatnya risiko atas ketidakpastian dunia.


Menurut Jokowi, laporan dari Christine Lagarde yang menyebut ekonomi negara masih dibayangi perbaikan data ekonomi Amerika Serikat (AS). Jokowi menyebut bahwa ekonomi saat ini seperti winter is coming atau yang dikenal dalam serial Game of Thrones.

"Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang, negara-negara yang tengah tumbuh sedang mengalami tekanan pasar yang besar, dengan banyak masalah perekonomian dunia sudah cukup kita mengatakan bahwa winter is coming," ungkap dia.



Tonton juga 'Jokowi Sebut Ekonomi Negara Maju Layaknya Serial Game of Thrones':

[Gambas:Video 20detik]


(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Layar Pemilu
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya