Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Nov 2018 14:15 WIB

BI: Modal Asing Masuk Rp 1,9 Triliun Minggu Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyebut minggu ini aliran modal asing yang masuk sebesar Rp 1,9 triliun. Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan aliran modal asing tersebut masuk melalui pasar surat berharga negara (SBN).

"Terkait aliran modal asing yang masuk ke SBN ada Rp 1,9 triliun minggu ini. Jadi secara keseluruhan year to date ada aliran modal asing masuk ke SBN Rp 28,9 triliun," kata Perry di Gedung BI, Jakarta Pusat, Jumat (2/11/2018).


Dia menambahkan aliran modal masuk ini menunjukkan kepercayaan asing terhadap Indonesia. Selain itu modal yang masuk juga mendukung stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Jadi ada juga kepercayaan pasar terhadap langkah dan kebijakan koordinatif antara BI dan pemerintah, mulai dari kebijakan fiskal, moneter dan langkah konkret pemerintah yang berupaya untuk menurunkan current account deficit (CAD)," tambah Perry.


Sehingga kenaikan suku bunga acuan dan relatif stabilnya rupiah ini mendorong aliran modal asing dalam portofolio dalam bentuk fix income dalam SBN.

"Tapi secara keseluruhan langkah stabilisasi BI, untuk mendorong daya tarik aset keuangan, dan mendukung langkah stabilisasi nilai tukar rupiah, dan itu juga menambah suplai di pasar valas, dan adanya dukungan perbankan, korporasi yang terus berkontribusi dalam mekanisme pasar mendukung stabilitas rupiah," ungkap dia. (kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed