Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Des 2018 15:00 WIB

BI Siapkan Rp 1,2 Triliun di Maluku Hadapi Natal dan Tahun Baru

Muslimin Abbas - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Ambon - Menghadapi peningkatan permintaan kebutuhan uang rupiah jelang Natal 2018 dan tahun baru 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku menyiapkan uang tunai Rp 1,2 triliun.

"Jadi kita dropping uang yang baru dalam jumlah banyak karena pasti kebutuhan mereka (masyarakat) meningkat," ujar Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Maluku, Bambang Pramasudi.Rabu (5/12).

Menurut perkiraan BI, masyarakat di Maluku membutuhkan Rp 766,1 miliar menghadap Natal dan Tahun Baru, namun BI menyiapkan lebih besar.


"Estimasi kebutuhan masyarakat melalui perbankan untuk natal dan tahun baru sebesar Rp. 766,1 miliar. Ini menurun 10,09 persen dari realisasi tahun 2017 sebesar Rp.852,1 miliar. Keseluruhan untuk Maluku BI siapkan 1,2 Triliun. Jadi itu sudah lebih dari cukup,"sambungnya.

Untuk melayani penukaran uang pecahan kecil yang kerap meningkat kebutuhannya jelang Natal dan Tahun Baru, BI Maluku telah menggandeng dengan 17 bank di Kota Ambon. Kerja sama itu untuk melayani penukaran uang pecahan Rp 20.000 ke bawah.



"Jadi kita sudah bekerja sama dengan 17 bank di Kota Ambon untuk layani penukaran uang rupiah pecahan 20.000 ke bawah yang nantinya saat penukaran masyarakat dapatkan uang pecahan kecil yang layak edar atau uang baru. Tanpa menunggu natal dan tahun baru pun layanan penukaran uang ini tetap jalan,"ujarnya.

Selain melalui perbankan umum, layanan penukaran uang rupiah pecahan kecil juga dioptimalisasi melalui Kas Keliling di sejumlah titik di Kota Ambon pada hari Kamis setiap pekan bulan berjalan dimulai pukul 09.30 sampai 12.00.WIT.

Selain kas keliling, untuk layanan penukaran uang pecahan kecil di luar Kota Ambon, BI Maluku mengoptimalkan layanan lewat Kas Titipan BI di BPDM Namlea, Buru, BPDM Saumlaki, MTB dan BRI Tual. "Ini volumenya kita tambah jelang natal dan tahun baru,"tandasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya